Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL MIND MAPP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI PANANCANGAN 2

Purwanti, Reni (2017) PENERAPAN MODEL MIND MAPP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI PANANCANGAN 2. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL MIND MAPP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

This study aims to determine differences in creative thinking abilities of students in social studies after using the model of the mind map in Class V SDN Panancangan 2 of the school year 2016/2017. The method used is the method of quasi-experimental research design used is non equivalent control group design. Withdrawal sampling technique used is purposive sampling to select two classes. In this study as an experimental class class VA and VC class as the control class was conducted on the test results of the pretest and posttest learning and nontest the form of interviews, observation and documentation sheets. Results obtained using inferential test of the hypothesis. Based on the pretest data processing obtained by the average value of 61.6 experimental class and control class 46.25. The data analysis using t-test two parties at significant level  = 0.05 = 0.26 obtained t table = 1.67793. Based on t-test, we can conclude that there are no differences in the ability to think creatively experimental class control class before getting treatment. After learning in the experimental class and control class, each performed during the two meetings is complete, it is then given posttest. Based on the data processing postest average values obtained in the experimental class = 82.2 and the average value of the control class = 61.04. Post-test data analysis using t-test two parties at significant level  obtained t = 0.05 1.67793 2.94764 = ttable. Based on t-test analysis of the two parties can be concluded that there are significant differences in the ability of creative thinking of students who use the model mind map with ability to think kretaif students who use models of direct instruction in social studies

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyarbini, AsnawiUNSPECIFIED
Thesis advisorSuparno, SuparnoUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan model mind map pada siswa kelas V SDN Panancangan 2 tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent kontrol group design. Teknik penarikan sampling yang digunakan yaitu purposive sampling untuk memilih dua kelas. Pada penelitian ini kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol yang dilakukan meliputi tes hasil belajar pretest dan postest serta nontest berupa wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian diperoleh dengan menggunakan uji inferensial terhadap hipotesis. Berdasarkan pengolahan data pretest diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 61,6 dan kelas kontrol 46,25. Analisis data menggunakan uji-t dua pihak pada taraf signifikan  = 0,05 diperoleh thitung = 0,26 ttabel = 1,67793. Berdasarkan uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen dengan kelas kontrol sebelum mendapatkan perlakuan. Setelah pembelajaran di kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing dilakukan selama dua pertemuan selesai, maka selanjutnya diberikan postest. Berdasarkan pengolahan data postest diperoleh nilai rata-rata pada kelas eksperimen = 82,2 dan nilai ratarata pada kelas kontrol = 61,04. Analisis data postest menggunakan uji-t dua pihak pada taraf signifikan  = 0,05 diperoleh thitung 2,94764 = ttabel 1,67793. Berdasarkan analisis uji-t dua pihak tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model mind map dengan kemampuan berpikir kretaif siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:32
Last Modified: 11 Oct 2021 07:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item