Sajidah, Ana (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA DI KELAS XI SMAN 8 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Ana Sajidah_2222190017_01.pdf Restricted to Registered users only Download (822kB) |
|
Text
Ana Sajidah_2222190017_02.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
|
Text
Ana Sajidah_2222190017_03.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
Ana Sajidah_2222190017_04.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
|
Text
Ana Sajidah_2222190017_05.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
Text
Ana Sajidah_2222190017_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
Ana Sajidah_2222190017_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Ana Sajidah_2222190017_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan respons peserta didik terhadap film dokumenter drama yang dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yakni 1) Tahap Analisis (Analyze), 2) Tahap Desain (Design), 3) Tahap Pengembangan (Development), 4) Tahap Implementasi (Implementation), dan 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Media yang dihasilkan berupa film dokumenter drama. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Serang dengan 34 siswa kelas 11 sebagai subjek penelitian. Untuk menguji kelayakan media, dilakukan validasi dengan 2 ahli bahasa, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Berdasarkan hasil analisis validasi, media film dokumenter drama yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan rata-rata 87,15%. dan Hasil analisis data respon peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,20% dengan kategori “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Film dokumenter drama sangat layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia materi drama.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan respons peserta didik terhadap film dokumenter drama yang dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yakni 1) Tahap Analisis (Analyze), 2) Tahap Desain (Design), 3) Tahap Pengembangan (Development), 4) Tahap Implementasi (Implementation), dan 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Media yang dihasilkan berupa film dokumenter drama. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Serang dengan 34 siswa kelas 11 sebagai subjek penelitian. Untuk menguji kelayakan media, dilakukan validasi dengan 2 ahli bahasa, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Berdasarkan hasil analisis validasi, media film dokumenter drama yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan rata-rata 87,15%. dan Hasil analisis data respon peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,20% dengan kategori “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Film dokumenter drama sangat layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia materi drama. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Learning Media, Documentary Films, Drama. Media Pembelajaran, Film Dokumenter, Drama. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
|||||||||
Depositing User: | Ana Ana Sajidah Ana | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2023 12:08 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2023 12:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/25367 |
Actions (login required)
View Item |