Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA DI KELAS XI SMAN 8 KOTA SERANG

Sajidah, Ana (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FILM DOKUMENTER UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI DRAMA DI KELAS XI SMAN 8 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Ana Sajidah_2222190017_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text
Ana Sajidah_2222190017_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
Ana Sajidah_2222190017_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
Ana Sajidah_2222190017_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
Ana Sajidah_2222190017_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
Ana Sajidah_2222190017_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Ana Sajidah_2222190017_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Ana Sajidah_2222190017_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan respons peserta didik terhadap film dokumenter drama yang dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yakni 1) Tahap Analisis (Analyze), 2) Tahap Desain (Design), 3) Tahap Pengembangan (Development), 4) Tahap Implementasi (Implementation), dan 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Media yang dihasilkan berupa film dokumenter drama. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Serang dengan 34 siswa kelas 11 sebagai subjek penelitian. Untuk menguji kelayakan media, dilakukan validasi dengan 2 ahli bahasa, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Berdasarkan hasil analisis validasi, media film dokumenter drama yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan rata-rata 87,15%. dan Hasil analisis data respon peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,20% dengan kategori “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Film dokumenter drama sangat layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia materi drama.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Thesis advisorSolihat, Ilmi198805032014042003
Additional Information: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan dan respons peserta didik terhadap film dokumenter drama yang dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran yang digunakan di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Mengacu pada model ADDIE yang memiliki 5 tahapan, yakni 1) Tahap Analisis (Analyze), 2) Tahap Desain (Design), 3) Tahap Pengembangan (Development), 4) Tahap Implementasi (Implementation), dan 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Media yang dihasilkan berupa film dokumenter drama. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Serang dengan 34 siswa kelas 11 sebagai subjek penelitian. Untuk menguji kelayakan media, dilakukan validasi dengan 2 ahli bahasa, 2 ahli media dan 2 ahli materi. Berdasarkan hasil analisis validasi, media film dokumenter drama yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan rata-rata 87,15%. dan Hasil analisis data respon peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 82,20% dengan kategori “sangat baik”. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Film dokumenter drama sangat layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Indonesia materi drama.
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Documentary Films, Drama. Media Pembelajaran, Film Dokumenter, Drama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ana Ana Sajidah Ana
Date Deposited: 26 Jun 2023 12:08
Last Modified: 26 Jun 2023 12:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/25367

Actions (login required)

View Item View Item