Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI DAN METODE COPY THE MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 4 KOTA SERANG

Muldawati, Muldawati (2023) PENGARUH METODE SUGESTI IMAJINASI DAN METODE COPY THE MASTER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMAN 4 KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (SKRIPSI)
Muldawati_2222190063_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muldawati_2222190063_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muldawati_2222190063_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muldawati_2222190063_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muldawati_2222190063_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muldawati_2222190063_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muldawati_2222190063_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muldawati_2222190063_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Aspek keterampilan menulis puisi kurang mendapatkan perhatian yang serius. Kerap problematik menulis puisi menjadi ancaman bagi siswa. Siswa yang tidak fokus dalam bidang menulis akan sulit menemukan benang merah untuk terampil menulis puisi dengan baik. Adapun, tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan pengaruh metode sugesti imajinasi, metode copy the master, dan perbedaan metode sugesti imajinasi dan metode copy the master terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMAN 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitaif dan pemilihan desain berupa pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dari hasil tes menulis puisi berupa pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol dengan instrumen penilaian yaitu tema, imajinasi, majas, diksi, dan makna. Hasil menunjukkan pengaruh metode sugesti imajinasi dengan rata-rata nilai pretest sebesar 59,1 dan posttest sebesar 82,5. Kemudian, pengaruh metode copy the master dengan rata-rata nilai pretest sebesar 54,6 dan posttest sebesar 74,3. Terakhir, hasil perbedaan posttest menunjukkan metode sugesti imajinasi lebih unggul dengan selisih sebesar 8,2 poin. Disimpulkan bahwa metode sugesti imajinasi lebih unggul dibandingkan dengan metode copy the master untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Kata Kunci: Menulis Puisi, Metode Sugesti Imajinasi, Metode Copy the Master.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Thesis advisorSolihat, Ilmi198805032014042003
Additional Information: Aspek keterampilan menulis puisi kurang mendapatkan perhatian yang serius. Kerap problematik menulis puisi menjadi ancaman bagi siswa. Siswa yang tidak fokus dalam bidang menulis akan sulit menemukan benang merah untuk terampil menulis puisi dengan baik. Adapun, tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan pengaruh metode sugesti imajinasi, metode copy the master, dan perbedaan metode sugesti imajinasi dan metode copy the master terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMAN 4 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitaif dan pemilihan desain berupa pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dari hasil tes menulis puisi berupa pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol dengan instrumen penilaian yaitu tema, imajinasi, majas, diksi, dan makna. Hasil menunjukkan pengaruh metode sugesti imajinasi dengan rata-rata nilai pretest sebesar 59,1 dan posttest sebesar 82,5. Kemudian, pengaruh metode copy the master dengan rata-rata nilai pretest sebesar 54,6 dan posttest sebesar 74,3. Terakhir, hasil perbedaan posttest menunjukkan metode sugesti imajinasi lebih unggul dengan selisih sebesar 8,2 poin. Disimpulkan bahwa metode sugesti imajinasi lebih unggul dibandingkan dengan metode copy the master untuk diterapkan dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Kata Kunci: Menulis Puisi, Metode Sugesti Imajinasi, Metode Copy the Master.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Mulda Muldawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 15:22
Last Modified: 12 Jun 2023 15:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/25329

Actions (login required)

View Item View Item