NOVITASARI, EVI (2023) PERAN GURU DALAM MENGENALKAN PROTOKOL KESEHATAN DIMASA PANDEMI KEPADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif di TK Al – A’raaf Rangkasbitung Banten) SKRIPSI Di susun sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Disusun Oleh: EVI NOVITA SARI 2228150027 JURUSAN PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA 2022. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Evi_Novitasari_2228150027_Fulltext[1].pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Evi_Novitasari_2228150027_01[2].pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
|
Text
Evi_Novitasari_2228150027_02[1].pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
|
Text
Evi_Novitasari_2228150027_03[1].pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
|
Text
Evi_Novitasari_2228150027_04[1].pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
|
Text
Evi_Novitasari_2228150027_05[1].pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
|
Text
Evi_Novitasari_2228150027_Ref[1].pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Evi_Novitasari_2228150027_Lamp[1].pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
Abstract
Health protocols for children must be implemented from an early age, health protocols can be created in the school environment with the teacher's role in introducing health protocols. This study aims to determine the teacher's role in introducing health protocols during a pandemic to children aged 5-6 years at TK Al - A'raaf Rangkasbitung Banten. The method used in this study is descriptive qualitative conducted at the age of 5-6 years in group B with a total of 5 children consisting of 2 girls and 3 boys. Data collection procedures were carried out by means of observation, interviews, field notes and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation and conclusion. From the results of the study, it was found that the implementation of the health protocol for children aged 5-6 years in group B at Al-A'raaf Kindergarten had not implemented the health protocol well enough, for example, some children did not want to wash their hands, wear masks, keep their distance. This can be seen when children will wash their hands before and after eating, wear masks when outside the house, keep their distance from people around them, the teacher must remind them. The teacher's role in introducing health protocols has not been implemented properly, such as the lack of teachers reminding children who don't want to wear masks, keeping their distance, and washing their hands, lack of introduction to health protocols to children, so many children still don't want to implement them, and from the teacher himself still hasn't implemented health protocols in front of children.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Protokol kesehatan pada anak harus diterapkan sejak usia dini, protokol kesehatan dapat diciptakan di lingkungan sekolah dengan adanya peran guru dalam mengenalkan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengenalkan protokol kesehatan dimasa pandemi kepada anak usia 5-6 tahun di TK Al – A’raaf Rangkasbitung Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif yang dilakukan pada usia 5-6 tahun di kelompok B dengan jumlah sebanyak 5 anak yang terdiri dari 2 anak perempuan dan 3 anak laki-laki. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan protokol kesehatan anak usia 5-6 tahun kelompok B di TK Al – A’raaf belum menerapkan protokol kesehatan dengan cukup baik, seperti beberapa anak belum mau mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak. Hal ini terlihat ketika anak akan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, memakai masker ketika sedang berada diluar rumah, menjaga jarak dengan orang sekitar harus di ingatkan oleh gurunya. Untuk peran guru dalam mengenalkan protokol kesehatan belum di laksanakan dengan baik, seperti kurangnya guru mengingatkan anak yang tidak mau memakai maskaer, menjaga jarak, dan mencuci tangan, kurangnya pengenalan mengenai protokol kesehatan kepada anak, sehingga anak masih banyak yang tidak mau menerapkan, dan dari gurunya sendiri masih belum menerapkan protokol kesehatan di depan anak. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Teacher's Role, Health Protocol, Children Age 5-6 Years. Peran Guru, Protokol Kesehatan, Anak Usia 5-6 Tahun. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Evi Novitasari | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2023 13:57 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2023 13:57 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/25325 |
Actions (login required)
View Item |