Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORIAL, VISUAL INTELEKTUAL) DALAM PEMBELAJARAN TARI KREASI UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 PANDEGLANG

Diah, Eneng (2023) MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORIAL, VISUAL INTELEKTUAL) DALAM PEMBELAJARAN TARI KREASI UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Eneng Diah_2289170025_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Eneng Diah_2289170025_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
Eneng Diah_2289170025_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
Eneng Diah_2289170025_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text
Eneng Diah_2289170025_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text
Eneng Diah_2289170025_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
Eneng Diah_2289170025_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
Eneng Diah_2289170025_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Eneng Diah. 2023. 2289170025. “Model SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intelektual) dalam pembelajaran tari kreasi di kelas X SMA Negeri 17 Pandeglang”. Skripsi. Jurusan Seni Pertunjukan. Fakultas dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Upaya dalam mengoptimalkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran seni tari dapat dilakukan dengan menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran tari kreasi melalui model SAVI dan factor-faktor yang mempengaruhi. Metode penelitian yang digunakan jenis kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa deskripsi tentang proses pembelajaran tari kreasi melalui model SAVI, kegiatan yang diterapkan mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan menyusun Rancangan Proses Pembelajaran yang disesuaikan dengan silabus dan menyiapkan bahan ajar. Kemudian tahap pelaksanaan yang terdiri dari empat tahap yaitu: pendahuluan, penyampaian materi, peraktek tari kreasi dan penutup. Evaluasi hasil belajar seni tari kreasi yang menggunakan tes praktek tari secara berkelompok dengan nilai individu. Kemudian adanya faktor pendukung yakni semangat belajar siswa dan peran guru sebagai pembimbing, sedangkan faktor penghambat kurangnya jadwal pembeajaran seni tari. Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Tari Kreasi, Banten Jawara

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPermanasari, Alis Triena0030058201
Thesis advisorLestari, Dwi Junianti0007068902
Additional Information: ABSTRAK Eneng Diah. 2023. 2289170025. “Model SAVI (Somatis, Auditory, Visual, Intelektual) dalam pembelajaran tari kreasi di kelas X SMA Negeri 17 Pandeglang”. Skripsi. Jurusan Seni Pertunjukan. Fakultas dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Upaya dalam mengoptimalkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran seni tari dapat dilakukan dengan menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pembelajaran tari kreasi melalui model SAVI dan factor-faktor yang mempengaruhi. Metode penelitian yang digunakan jenis kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa deskripsi tentang proses pembelajaran tari kreasi melalui model SAVI, kegiatan yang diterapkan mulai dari perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahap perencanaan menyusun Rancangan Proses Pembelajaran yang disesuaikan dengan silabus dan menyiapkan bahan ajar. Kemudian tahap pelaksanaan yang terdiri dari empat tahap yaitu: pendahuluan, penyampaian materi, peraktek tari kreasi dan penutup. Evaluasi hasil belajar seni tari kreasi yang menggunakan tes praktek tari secara berkelompok dengan nilai individu. Kemudian adanya faktor pendukung yakni semangat belajar siswa dan peran guru sebagai pembimbing, sedangkan faktor penghambat kurangnya jadwal pembeajaran seni tari. Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Tari Kreasi, Banten Jawara
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: Mrs Eneng Diah
Date Deposited: 26 Jun 2023 14:05
Last Modified: 26 Jun 2023 14:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/25238

Actions (login required)

View Item View Item