Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTs ASSALAM CIRUAS KABUPATEN SERANG

SETIAWAN, RENDRA (2017) PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MTs ASSALAM CIRUAS KABUPATEN SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Matematika diterapkan pada jenjang Madrasah Tsanawiyah Assalam Ciruas. Dalam penerapannya metode yang relevan salah satunya inkuiri. Hal yang melatarbelakangi diterapkannya metode pembelajaran inkuiri karena kurangnya kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis matematis. Tujuan diterapkannya metode pembelajaran inkuri yakni untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis matematis terhadap siswa MTs Assalam Ciruas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis matematis siswa kelas VII MTs Assalam Ciruas. Pendekatan yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reaserch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Assalam Ciruas tahun pelajaran 2016-2017. Desain penelitian tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan panduan observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dari 3,45 menjadi 5,22 pada siklus 1, dan meningkat jadi 7,13 pada siklus 2. Dari jumlah sampel 36 telah mencapai nilai KKM sebesar 70 sebanyak 29 siswa, atau sebesar 80% dari jumlah sampel. Hal ini menunjukkan penelitian berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, HepsiUNSPECIFIED
Thesis advisorNovaliyosi, NovaliyosiUNSPECIFIED
Additional Information: Matematika diterapkan pada jenjang Madrasah Tsanawiyah Assalam Ciruas. Dalam penerapannya metode yang relevan salah satunya inkuiri. Hal yang melatarbelakangi diterapkannya metode pembelajaran inkuiri karena kurangnya kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis matematis. Tujuan diterapkannya metode pembelajaran inkuri yakni untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis matematis terhadap siswa MTs Assalam Ciruas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan inkuiri dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis matematis siswa kelas VII MTs Assalam Ciruas. Pendekatan yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reaserch). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Assalam Ciruas tahun pelajaran 2016-2017. Desain penelitian tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan panduan observasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dari 3,45 menjadi 5,22 pada siklus 1, dan meningkat jadi 7,13 pada siklus 2. Dari jumlah sampel 36 telah mencapai nilai KKM sebesar 70 sebanyak 29 siswa, atau sebesar 80% dari jumlah sampel. Hal ini menunjukkan penelitian berhasil.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:03
Last Modified: 11 Oct 2021 06:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2502

Actions (login required)

View Item View Item