Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL PADA JALAN RAYA BOJONEGARA – JALAN AKSES TOL CILEGON TIMUR 1 – JALAN AKSES TOL CILEGON TIMUR 2

NURJIHADI, NURJIHADI (2015) ANALISA SIMPANG TIGA TAK BERSINYAL PADA JALAN RAYA BOJONEGARA – JALAN AKSES TOL CILEGON TIMUR 1 – JALAN AKSES TOL CILEGON TIMUR 2. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Analisa Simpang Tiga Tak Bersinyal Pada Jalan Raya Bojonegara - Jalan Akses Tol Cilegon Timur 1 - Jalan Tol Cilegon Timur 2 Laporan Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Analysis of the Three Unsignalized Intersection In Highway Bojonegara - Access Road Toll East Cilegon 1- Access Road Toll East Cilegon 2 NURJIHADI ix ABSTRACT Intersection of Highway Bojonegara is one intersection that located on the Eastern Access Road Toll Cilegon Cilegon City. This intersection is the unsignalized intersection so that there is no regularity in the right way. Regulation of traffic at the intersection is not regular so often found scrabbling space vehicle to pass through the intersection that resulting congestion and a highar risk of accidents. This condition is seen in the rush hours is when the morning, afternoon, evening so we need research to reduce congestion. This research by conducting surveys in the fieid to get the data traffic and geometry needed to be analyzed based on the by referring to the Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Traffic data used in this study is the highest traffic flow of data that occurs on weekdays. The results to the study Intersections for existing conditions produce the degree of saturation (DS) of 0.98. This value exceeds the limit recommended by MKJI 1997 for the unsignalized intersections (DS ≤ 0.75). There are several alternatives that are used to enhanc the performance of intersection. Alternative I unsignalized intersection by adding a stop sign around the intersection is generating DS = 0.93. Alternative II widening minor road geometry produces a value of DS = 0.91 and 15.92 sec delay / smp. Alternative III fixes the geometry is a major road widening and produce DS = 0.53dan nilain low delay is 9.61 sec / smp. The trid alternative of the above selected III alternative because it has a DS and lowest delay. Keywords: Intersection, Delay, Degree of Saturation, Performance Intersection.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPradana, Fakhuriza198107232006041002
Thesis advisorBudiman, Arief197105272005011001
Additional Information: Analisa Simpang Tiga Tak Bersinyal Pada Jalan Raya Bojonegara – Jalan Akses Tol Cilegon Timur 1-Jalan Akses Tol Cilegon Timur 2 viii Nurjihadi INTISARI Persimpangan Jalan Raya Bojonegara merupakan salah satu persimpangan yang terletak pada Jalan Akses Tol Cilegon Timur Kota Cilegon. Persimpangan ini adalah simpang tiga tak bersinyal sehingga tidak ada keteraturan dalam hak jalan. Ketidakteraturan lalu lintas dipersimpangan ini mengakibatkan sering ditemukannya kendaraan yang berebut ruang untuk melewati persimpangan sehingga mengakibatkan kemacetan dan resiko kecelakaan yang lebih tinggi. Kondisi ini terlihat pada jam-jam sibuk yaitu pada saat pagi, siang, sore sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengurangi kemacetan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data arus lalu lintas dan data geometri yang dibutuhkan untuk kemudian dianalisa dengan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Data arus lalu lintas yang digunakan pada penelitian ini adalah data arus lalu lintas tertinggi yang terjadi pada hari kerja. Hasil penelitian simpang untuk kondisi eksisting menghasilkan derajat kejenuhan (DS) sebesar 0.98 nilai ini melebihi batas yang disarankan oleh MKJI 1997 untuk simpang tak bersinyal (DS ≤ 0.75). Ada beberapa alternatif yang digunakan untuk meningkatkan kinerja simpang. Alternatif I simpang tak bersinyal dengan menambahkan rambu larangan berhenti disekitar simpang menghasilkan DS = 0.93. Alternatif II pelebaran geometri jalan minor menghasilkan nilai DS = 0.91 dan tundaan 15.92 det/smp. Alternatif III perbaikan geometri yaitu pelebaran jalan mayor dan menghasilkan DS = 0.53 dan nilai tundaan yang rendah yaitu 9.61 det/smp. Dari ketiga alternatif diatas dipilih alternatif III karena memiliki DS dan tundaan paling rendah. Kata Kunci: Simpang tak bersinyal, Tundaan, Derajat kejenuhan, Kinerja simpang
Uncontrolled Keywords: Simpang tak bersinyal, Tundaan, Derajat kejenuhan, Kinerja simpang Intersection, Delay, Degree of Saturation, Performance Intersection.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:38
Last Modified: 25 Oct 2021 05:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item