Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LAKSA DI KAWASAN WISATA KULINER LAKSA TANGERANG

AYU ANGGRAINI, NITA (2019) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LAKSA DI KAWASAN WISATA KULINER LAKSA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LAKSA DI KAWASAN WISATA KULINER LAKSA TANGERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The processing of traditional food products is currently one of the efforts made by the government to improve the regional economy by utilizing the distinctive flavors available in the area. Laksa culinary tourism area in Tangerang is the main culinary destination in Tangerang City, located in Tangerang Subdistrict, precisely in Babakan Village. The growth of tourism in an area is supported by the availability of adequate facilities and infrastructure, the number of entertainment venues near the Tangerang laksa culinary area makes this place very strategic to reach by consumers. The purpose of this study was to analyze the effect of the marketing mix on purchasing decisions of traditional Tangerang food products made by laksa consumers, as well as to identify and describe the marketing mix strategy that had the most influence on the purchase decisions of traditional Tangerang-style traditional foods made by laksa consumers. The method used in this research is quantitative descriptive method. With the sampling technique used is nonprobability sampling by accidental sampling. The location is set intentionally (purposive), namely at the location of the Tangerang Laksa culinary tourism area. The analytical method used is multiple linear regression analysis using the SPSS software program (Statistical Package for Social Since). From the results of calculations, the marketing mix in the Tangerang Laksa culinary tourism area has a significant influence on Laksa consumer purchasing decisions of 52.7% and the results of individual tests (t test) obtained results. product variable (X1), price variable (X2), place variable (X3), and physical proof variable (X5) have a significance value of <0.05. It can be concluded that the four independent variables significantly influence purchasing decisions (Y). While the promotion variable (X4) has a significance value> 0.05, it can be concluded that the promotion independent variable does not significantly influence the purchasing decision (Y). Keywords : Marketing mix 5P and Consumer Decision.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMeutia, MeutiaUNSPECIFIED
Thesis advisorMega Sari, RatnaUNSPECIFIED
Additional Information: RINGKASAN NITA AYU ANGGRAINI, 2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Laksa Di Kawasan Wisata Kuliner Laksa Tangerang. Dibawah Bimbingan Hj. Meutia dan Ratna Mega Sari. Kegiatan pengolahan produk makanan tradisional saat ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan perekonomian daerah dengan memanfaatkan cita rasa yang khas yang tersedia di daerah tersebut. Kawasan wisata kuliner laksa Tangerang merupakan daerah tujuan wisata kuliner utama di Kota Tangerang, terletak di Kecamatan Tangerang tepatnya di Kelurahan Babakan. Tumbuhnya pariwisata di suatu daerah di dukung dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai, banyaknya tempat hiburan yang berada di dekat kawasan wisata kuliner laksa Tangerang menjadikan tempat ini sangat strategis mudah dijangkau oleh konsumen. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk makanan tradisional khas Kota Tangerang yang dilakukan oleh konsumen laksa, serta untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi bauran pemasaran yang paling besar pengaruhnya terhadap keptusan pembelian makanan tradisional khas Kota Tangerang yang dilakukan oleh konsumen laksa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan cara accidental sampling. Lokasi ditetapkan secara sengaja (purposive) yaitu di lokasi kawasan wisata kuliner laksa Tangerang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program software SPSS (Statistical Package for Sosial Since). Dari hasil perhitungan, bauran pemasaran di kawasan wisata kuliner laksa Tangerang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen laksa sebesar 52,7% dan hasil pengujian individual (uji t) diperoleh hasil. variabel produk (X1), variabel harga (X2), variabel tempat (X3), dan variabel bukti fisik (X5) mempunyai nilai signifikansi < 0,05 dapat disimpulkan bahwa keempat variabel independen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan variabel promosi (X4) mempunyai nilai signifikansi > 0,05 dapat disimpulkan bahwa variabel independen promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:41
Last Modified: 11 Oct 2021 04:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2477

Actions (login required)

View Item View Item