NUGRAHA, ADHIE (2017) PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA.pdf Restricted to Registered users only Download (37MB) |
Abstract
This research is motivated by the importance of mathematical abstraction ability and self-confidence of students. Therefore, researcher applying Realistic Mathematics Education (RME) approach, since this approach is expected to improve the ability of mathematical abstraction and self-confidence of students. This study aims to determine whether the achievement and enhancement capabilities mathematical abstraction and self-confidence of students who received RME approach, determine whether there is a correlation between capabilities mathematical abstraction and self-confidence, and determine students’ errors of mathematical abstraction ability. The method used in this research is method of combination (mixed method) with incorporation of QUANTITATIVE-qualitative and concurrent embedded design. The study involved two classes of experimental class and control class. The population of this research is all students in grade X SMA Negeri 1 Kota Serang. Samples were class X 9 as an experimental class and X 7 as the control class. The instrument used in this study a mathematical abstraction ability test instruments, non-test instruments in the form of scale of selfconfidence, observation sheets, interview guides, documentation as well as the researchers itself. The results of the study concludes that the achievement and improvement of mathematical abstraction abilities and self-confidence experimental class is better than the control class and there is a positive correlation between the ability of mathematical abstraction and self-confidence. Students’ errors when the test of mathematical abstraction ability include errors in making mathematical modeling, concept errors, systematic errors and miscalculations.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan abstraksi matematis dan self confidence siswa yang dinilai masih rendah. Salah satu alternatif, diterapkanlah pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), karena pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan self confidence siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian dan peningkatan kemampuan abstraksi matematis dan self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan RME lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran konvensional dan mengetahui apakah terdapat hubungan diantara keduanya serta mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam mengerjakan tes kemampuan abstraksi matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) dengan model penggabungan KUAN-kual dan desain concurrent embedded design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Serang. Sampel penelitian ini adalah kelas X 9 sebagai kelas eksperimen dan X 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan abstraksi matematis, instrumen non tes berupa skala self confidence, lembar obervasi, pedoman wawancara, dokumentasi serta peneliti itu sendiri. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan abstraksi matematis dan self confidence kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol dan terdapat hubungan positif antara kemampuan abstraksi matematis dengan self confidence. Kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan tes kemampuan abstraksi matematis meliputi kesalahan dalam membuat pemodelan matematika, kesalahan konsep, kesalahan sistematis dan kesalahan hitung. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:33 | |||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:33 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2473 |
Actions (login required)
View Item |