Rachmat, Vandji (2017) PEMBERDAYAAN WARGA BELAJAR MELALUI PROGRAM PELATIHAN TATA BOGA DI PKBM TUNAS PULOSARI KABUPATEN PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PEMBERDAYAAN WARGA BELAJAR MELALUI PROGRAM PELATIHAN TATA BOGA DI PKBM TUNAS PULOSARI KABUPATEN PANDEGLANG.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Vandji Rachmat.P. (2221121798). PEMBERDAYAAN WARGA BELAJAR MELALUI PELATIHAN TATA BOGA DI PKBM TUNAS PULOSARI PANDEGLANG. Pembimbing I Dr. H. Sholih, M.pd. dan Pembimbing II Dr. H. Irwan Djumena, M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan pemberdayaan pelatihan tata boga warga belajar di PKBM Tunas Pulosari? (2) Bagaimana dampak pelatihan tata boga dalam pemberdayaan di PKBM Tunas Pulosari? (3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat warga belajar dalam pemberdayaan hasil pelatihan tata boga di PKBM Tunas Pulosari? Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang program pemberdayaan pelatihan tata boga warga belajar di PKBM Tunas Pulosari. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkanpada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut : (1)observasi (2) wawancara (3) studi dokumentasi, pencatatan, dan mengumpulkandata-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, penyajian data dan verifikasi. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis menyampaikan kesimpulan, sebagai berikut : (1) pelaksanaan pemberdayaan pelatihan tata boga warga belajar di PKBM Tunas Pulosari) ada tiga tahap pertama yaitu perencanaan, kedua adalah pelaksanaan dan ketiga ialah evaluasi. (2) dampak elatihan tata boga dalam pemberdayaan di PKBM Tunas Pulosari sudah cukup positif, karena dapat menumbuhkan kemandirian warga belajar/peserta pelatihan yaitu sebesar 70 % warga belajar/peserta pelatihan sudah dapat bekerja/memiliki kegiatan di masing-masing bidang, sebesar 10% berwirausaha dan sisanya 20 % warga belajar/peserta pelatihan belum dapat bekerja. (3) faktor pendukung dalam pemberdayaan pelatihan tata boga di PKBM Tunas Pulosari yaitu lokasi yang strategis, motivasi peserta pelatihan tinggi, sikap tutor/instruktur yang professional, dan biaya program pelatihan ini diperoleh dari pemerintah melalui bantuan sosial sepenuhnya. Dan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya peralatan yang memadai
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Vandji Rachmat.P. (2221121798). PEMBERDAYAAN WARGA BELAJAR MELALUI PELATIHAN TATA BOGA DI PKBM TUNAS PULOSARI PANDEGLANG. Pembimbing I Dr. H. Sholih, M.pd. dan Pembimbing II Dr. H. Irwan Djumena, M.Pd. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan pemberdayaan pelatihan tata boga warga belajar di PKBM Tunas Pulosari? (2) Bagaimana dampak pelatihan tata boga dalam pemberdayaan di PKBM Tunas Pulosari? (3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat warga belajar dalam pemberdayaan hasil pelatihan tata boga di PKBM Tunas Pulosari? Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang menyajikan data dan fakta-fakta yang sesungguhnya tentang program pemberdayaan pelatihan tata boga warga belajar di PKBM Tunas Pulosari. Dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif harus didasarkanpada data atau informasi yang diperoleh melalui penelitian sebagai berikut : (1)observasi (2) wawancara (3) studi dokumentasi, pencatatan, dan mengumpulkandata-data serta fakta-fakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas. Adapun teknik pengolahan data dan analisis data dalam penelitian ini diantaranya tahap reduksi, penyajian data dan verifikasi. Sebagai akhir dari pembahasan ini, penulis menyampaikan kesimpulan, sebagai berikut : (1) pelaksanaan pemberdayaan pelatihan tata boga warga belajar di PKBM Tunas Pulosari) ada tiga tahap pertama yaitu perencanaan, kedua adalah pelaksanaan dan ketiga ialah evaluasi. (2) dampak elatihan tata boga dalam pemberdayaan di PKBM Tunas Pulosari sudah cukup positif, karena dapat menumbuhkan kemandirian warga belajar/peserta pelatihan yaitu sebesar 70 % warga belajar/peserta pelatihan sudah dapat bekerja/memiliki kegiatan di masing-masing bidang, sebesar 10% berwirausaha dan sisanya 20 % warga belajar/peserta pelatihan belum dapat bekerja. (3) faktor pendukung dalam pemberdayaan pelatihan tata boga di PKBM Tunas Pulosari yaitu lokasi yang strategis, motivasi peserta pelatihan tinggi, sikap tutor/instruktur yang professional, dan biaya program pelatihan ini diperoleh dari pemerintah melalui bantuan sosial sepenuhnya. Dan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya peralatan yang memadai | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 11 Oct 2021 04:30 | |||||||||
Last Modified: | 11 Oct 2021 04:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2471 |
Actions (login required)
View Item |