Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Distribusi Temperatur Pada Desain dan Pemilihan Material Drum Pengering Mesin Pengering Rotary dryer Untuk Pengolahan Limbah Cair Menggunakan Finite Volume Method

Hendra, Hendra and Silalahi, Maduma and Indriani, Anizar and Syaiful, Muhammad and Hernadewita, Hernadewita (2016) Distribusi Temperatur Pada Desain dan Pemilihan Material Drum Pengering Mesin Pengering Rotary dryer Untuk Pengolahan Limbah Cair Menggunakan Finite Volume Method. In: Seminar nasional tahunan Teknik Mesin (SNTTM) XV Bandung 2016, 5-6 Oktober 2016, ITB Bandung.

[img] Text
B40.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mesin rotary dryer banyak digunakan pada industri pengolahan makanan, perkebunan, industry otomotif dan lainnya. Mesin rotary dryer bekerja memanfaatkan panas untuk mengeringkan produk makanan, hasil perkebunan, biji aspal dan sebagainya. Dalam tulisan ini mesin rotary dryer digunakan untuk mengeringkan limbah cair dari hasil perkebunan seperti limbah cair sawit menjadi produk turunan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Produk turunan itu berupa tanah lempung dan arang yang dapat dijadikan pupuk, fiber atau material komposit. Komponan utama mesin rotary dryer untuk pengolahan limbah cair sawit adalah drum inlet dan outlet, drum pengering, burner, pompa, blower, wet scrubber, rangka dan komponen lainnya. Komponen yang paling kritis dalam pengolahan limbah sawit ini adalah drum pengering karena drum pengering menerima langsung panas dari burner untuk mengeringkan limbah cair yang ada di dalam drum pengering dengan temperatur kerja hingga 1100C. Temperatur kerja yang tinggi memerlukan material dengan daya hantar panas yang tinggi, tahan panas dan tahan korosi agar produk atau limbah yang akan dikeringkan lebih optimal, bersih dan ramah lingkungan. Hal ini didapatkan dengan pemilihan desain dan material drum yang tepat akan menunjang kinerja mesin rotary dryer untuk menghasilkan produk dengan waktu yang lebih singkat, bersih dan ramah lingkungan. Selain pemilihan desain dan material, kondisi drum pengering juga harus diperhatikan seperti balance (center) agar memudahkan pergerakan dan pemerataan panas drum, pemasangan drum dan lainnya. Dalam penelitian ini sebelum drum dibuat dengan proses pembentukan, pengelasan, pengecoran dan pemesinan, terlebih dahulu dilakukan pemodelan desain dan pemilihan material menggunakan simulasi dengan metode finite element dan finite volume. Hal ini untuk menghemat biaya dalam pemilihan dan pembuatan material drum yang sesuai dengan temperatur pengeringan limbah cair yang akan dikeringkan. Material drum yang digunakan dalam penelitian ini adalah material cast iron, stainless steel dan steel. Unjuk kerja material drum yang diinginkan adalah distribusi temperatur yang cepat dan merata, tegangan termal yang rendah, tahan korosi dan reaksi kimia. Untuk mengetahui unjuk kerja drum berupa distribusi temperatur dari material cast iron, stainless steel dan steel. dilakukan simulasi menggunakan finite volume method. Dalam analisis ini ditunjukkan desain berupa bentuk drum pengering dan dimensi drum berupa panjang, diameter dan tebal lapisan dinding pengering dengan temperatur kerja maksimum 1100C.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
03-Fakultas Teknik
Depositing User: Dr. Eng. Hendra =
Date Deposited: 29 May 2023 11:31
Last Modified: 29 May 2023 11:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/24695

Actions (login required)

View Item View Item