Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pemilihan Dimensi dan Jumlah Lilitan Kumparan Magnet Pada Generator Sinkron Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Menggunakan Turbin Screw

Hendra, Hendra and Indriani, Anizar and Syaiful, Muhammad and Atria, Atria (2014) Pemilihan Dimensi dan Jumlah Lilitan Kumparan Magnet Pada Generator Sinkron Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Menggunakan Turbin Screw. In: Seminar Nasional SNETE Unsyiah 2014, Aceh, 19 Agustus 2014, Unsyiah Aceh-Medan.

[img] Text
B37 Paper HR.pdf

Download (360kB)

Abstract

Energi listrik saat ini sudah merupakan kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari selain sandang, pangan dan papan. Semua komponen atau peralatan di rumah, kantor, Industri, jalan raya, dan lainnya menggunakan energi listrik. Energi listrik dihasilkan dari mesin konversi energi yang dapat meubah energi lain menjadi energi listrik seperti turbin, kincir, solar cell, dan lainnya. Semua mesin konversi energi tersebut menggunakan sumber daya alam sebagai sumber energi penggeraknya seperti minyak bumi, batubara, air dan cahaya matahari. Yang mana untuk minyak bumi ketersediaannya sudah berkurang, semntara untuk batubara sistem pengolahan limbahnya belum dapat diandalkan. Sumber daya yang lain seperti air telah banyak digunakan dengan berbagai jenis mesin konversi energinya seperti turbin francis, pelton, turbin kaplan dan lainnya. Penggunaan turbin ini masih juga memiliki kekurangan yaitu habitat yang ada di air tersebut menjadi rusak, lingkungan yang kotor akibat penyumbatan sistem saluran dan lainnya. Untuk itu penggunaan mesin konversi yang lain mungkin dapat diandalkan seperti pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) menggunakan turbin screw. Karena turbin ini ramah lingkungan dan juga tidak merusak habitat yang ada dilingkungan tersebut tetapi turbin screw memiliki putaran yang rendah. Dimana untuk meningkatkan putaran digunakan komponen lain seperti gear box. Turbin screw dalam menghasilkan energi listrik memiliki dua komponen utama yaitu komponen mekanik dan elektrik [1][2]. Pengembangan komponen mekanik sudah banyak dilakukan tetapi pengembangan dari komponen elektrik masih belum banyak dilakukan. Dalam tulisan ini, pengembangan komponen elektrik lebih dititikberatkan seperti desain dari generator yang terdiri dari rotor dan stator (magnet dan lilitan kumparan). Desain generator ini dibuat dari magnet sepeda motor yang diubah menjadi generator sinkron dengan modifikasi jumlah lilitan kumparan dan magnet. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa generator sinkron ini dapat menghasilkan listrik pada putaran tinggi dan rendah dan dalam tulisan ini menggunakan putaran rendah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
03-Fakultas Teknik
Depositing User: Dr. Eng. Hendra =
Date Deposited: 29 May 2023 11:25
Last Modified: 29 May 2023 11:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/24689

Actions (login required)

View Item View Item