Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN LEGO PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B di TK Tunas Merak, Pandeglang- Banten)

Upiah, Upiah (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN LEGO PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B di TK Tunas Merak, Pandeglang- Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI BERMAIN LEGO PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B di TK Tunas Merak, Pandeglang-Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

One of the activities that can improve the creativity of children to be more creative in following the learning activities. In the lego play the children express themselves creatively. Lego play activities teach children to come up with new ideas and ideas that can produce a new work, where children can learn while learning and learning through play, and able to grow and improve the learning experience of children directly. This study aims to improve the experience of improving the creativity of children aged 5-6 years. The research method used is Action Research (PT). The research subjects consisted of 12 children in Tunas Merak Pandeglang-Banten kindergarten. Techniques of data collection through observation, field notes, interviews, and dentation. Implementation of the study was conducted with 2 cycles of cycle 1 consisting of 8 times the action and cycle II consists of 2 actions. The results of this study note that: 1) on pre-research creativity ability 25%, 2) after the child is given action on cycle 1, the ability of children's creativity increased to 44%, 3) in the second cycle obtained 79% results. Thus, the creativity of children has increased and is at a very good developing stage. It can be concluded that through playing lego can improve the creativity of children aged 5-6 years in kindergarten Tunas Merak Pandeglang-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorSayekti, TriUNSPECIFIED
Additional Information: Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak agar menjadi lebih kreatif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Di dalam kegiatan bermain lego anak mengekpresikan dirinya secara kreatif. Kegiatan bermain lego mengajarkan anak untuk timbul gagasan atau ide yang baru dan dapat menghasilkan suatu karya baru, dimana anak dapat bermian sambil belajar dan belajar melalui bermain, serta mampu menumbuhkan dan meningkatkan pengalaman belajar anak secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan (PT). Subjek penelitian terdiri dari 12 anak di TK Tunas Merak Pandeglang-Banten. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dukumentasi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus 1 terdiri dari 8 kali tindakan dan siklus II terdiri dari 2 kali tindakan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra penelitian kemampuan kreativitas 25%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus 1, kemampuan kreativitas anak meningkat menjadi 44%, 3) pada siklus II diperoleh hasil 79%. Dengan demikian, kreativitas anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui bermain lego dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Merak Pandeglang-Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:22
Last Modified: 11 Oct 2021 04:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item View Item