Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Bahasa Cisauk, Tangerang-Banten)

FATIMAH, TIARA (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Bahasa Cisauk, Tangerang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Bahasa Cisauk, Tangerang-Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Social skills are the skills or abilities of a person's ability to communicate, share, cooperate and maintain positive relationships that make it possible to connect and interact with others such as parents, peers and the surrounding community to adapt.One of the activities that can improve the social skills of children is playing gobag sodor. Gobag sodor was chosen because this activity is fun for children, where children can learn while learning and learning through play, and able to grow and improve the learning experience of children directly.This study aims to improve the social skills of children aged 5-6 years. The research method used is Class Action Research (PTK). Research subjects consisted of 14 children of PAUD Bahasa located in Kp. Rancamoyan, Kec. Cisauk Tangerang-Banten. Data collection techniques through observation, field notes, interviews and submission. Implementation of the study was conducted with 2 cycles of cycle 1 consisting of 8 times the action and cycle II consists of 2 actions. Based on the results of this study note that: 1) in pre-action ability of children social skill 29%, 2) after child is given action on cycle 1, social skill ability increase to 56%; 3) in cycle II obtained result 83%. Thus, the child's social skills have improved and are at a very good developing stage. It can be concluded that through the traditional game gobag sodor can improve social skills of children aged 5-6 years in PAUD Bahasa Cisauk Tangerang-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorMaryani, KristianaUNSPECIFIED
Additional Information: Keterampilan sosial adalah kecakapan atau kemampuan seseorang baik kemampuan komunikasi, berbagi, bekerjasama dan mempertahankan hubungan positif yang memungkinkan untuk berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain seperti orang tua, teman sebaya dan masyarakat sekitar untuk beradaptasi. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan sosial anak yaitu kegiatan bermain gobag sodor.Kegiatan gobag sodor dipilih karena kegiatan ini menyenangkan bagi anak, dimana anak dapat bermian sambil belajar dan belajar melalui bermain, serta mampu menumbuhkan dan meningkatkan pengalaman belajar anak secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilansosial anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian terdiri dari 14 anak PAUD Bahasa yang berlokasi di Kp. Rancamoyan, Kec.Cisauk Tangerang-Banten.Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dukumentasi. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus 1 terdiri dari 8 kali tindakan dan siklus II terdiri dari 2 kali tindakan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra tindakan kemampuan keterampilan sosial anak 29%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus 1, kemampuan keterampilan sosial meningkat menjadi 56%, 3) pada siklus II diperoleh hasil 83%.Dengan demikian, keterampilan sosial anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tradisional gobag sodor dapat meningkatkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Bahasa Cisauk Tangerang- Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:15
Last Modified: 11 Oct 2021 04:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item