Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN HAK CIPTA DALAM RUANG LINGKUP HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI) DAN RAHASIA DAGANG SEBAGAI HAK-HAK KEBENDAAN DI INDONESIA

Arifinal, Mochamad (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN HAK CIPTA DALAM RUANG LINGKUP HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI) DAN RAHASIA DAGANG SEBAGAI HAK-HAK KEBENDAAN DI INDONESIA. Other. Fakultas Hukum Untirta. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian Mandiri)
2018_2_PDF_Laporan Penelitian Mandiri Tentang Perlindungan Hak Cipta.pdf

Download (751kB)

Abstract

Kemajuan pesat yang berlangsung dibidang teknologi informasi, komunikasi dan transformasi, yang berperan besar dalam proses globalisasi perdagangan, juga menjadi faktor yang memacu globalisasi HaKI. Secara umum Hak Kekayaan Intelektual dapat terbagi dalam dua kategori yaitu: Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri. Sedangkan Hak Kekayaan Industri meliputi Paten, Merek, Desain Industri, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, Rahasia Dagang dan Varietas Tanaman. Persoalannya, Bagaimanakah keberadaan hak cipta dalam ruang lingkup Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) dan rahasia dagang sebagai hak-hak kebendaan dan bagaimana pula perlindungan hukum terhadap pelanggaran hak cipta di Indonesia. Hasil yang didapaat bahwa Hak cipta merupakan bagian dari Harta Kekayaan Intelektual, harta kekayaan adalah benda milik seseorang yang mempunyai nilai ekonomi. pengalihan hak cipta dapat dilakukan melalui (pasal 3 ayat (2) UUHC) :  pewarisan  hibah  perjanjian tertulis  sebab-sebab yang lain yang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan. Perlindungan hak cipta diatur dalam Undang-undang No 19 Tahun 2002, dan Hak cipta yang dilindungi adalah ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, sastra. Masa berlakunya hak cipta yaitu selama hidup pencipta dan terus berlangsung hingga 50 tahun untuk ciptaan : buku, pamflet, dan semua hasil karya tulis lain; drama atau drama musikal, tari, koreografi; segala bentuk seni rupa, seperti seni lukis, seni pahat, dan seni patung; seni batik; lagu atau musik dengan atau tanpa teks; arsitektur; ceramah, kuliah, pidato dan Ciptaan sejenis lain; alat peraga; peta; terjemahan, tafsir, saduran, dan bunga rampai.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: 01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: SH, MH, Dr Mochamad Arifinal
Date Deposited: 10 Jun 2023 11:09
Last Modified: 10 Jun 2023 11:09
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/24402

Actions (login required)

View Item View Item