Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENYELESAIAN SENGKETA PERSELISIHAN PERBURUHAN MELALUI NEGOSIASI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 1999 TENTANG ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA DAN ARBITRASE

Arifinal, Mochamad (2043) PENYELESAIAN SENGKETA PERSELISIHAN PERBURUHAN MELALUI NEGOSIASI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 30 TAHUN 1999 TENTANG ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA DAN ARBITRASE. Other. Fakultas Hukum Untirta. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian Mandiri)
2018_1_PDF_Laporan Penelitian Mandiri Tentang Penyelesaian Sengketa Alternatif dan Arbitrase.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam rangka melaksanakan program pembangunan yang berkesinambungan, pemerintah di tuntut untuk dapat menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya bagi warga negara serta menciptakan iklim kerja yang kondusif sehingga melahirkan hubungan yang harmonis antara pihak buruh (pekerja) dengan pihak majikan (pengusaha). Namun dalam kenyataannya, hubungan antara pihak buruh dengan pihak majikan tidaklah selalu harmonis sehingga seringkali terjadi perselisihan perburuhan dalam hubungan kerja. Penelitian ini diberi judul “PENYELESAIAN SENGKETA PERSELISIHAN PERBURUHAN MELALUI NEGOSIASI MENURUT UU NO 30 TAHUN 1999 TENTANG ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA DAN ARBITRASE” (Study kasus mengenai penerapan UU No. 30/1999 tentang Alternatif Penyelesaian Sengketa dan Arbitrase dalam penyelesaian perselisihan (sengketa) perburuhan mengenai izin belajar pegawai pada Perusahaan AJB Bumiputera 1912 Kantor Operasional Subang melalui Negosiasi). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriftif analisis, membuat suatu gambaran atau deskripsi mengenai pokok permasalahan yang diteliti. Dalam penelitian ini penulis melakukannya dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif yaitu dengan berpegang pada segi-segi yuridis, dimaksudkan untuk mendapatkan ketentuan yang relevan dengan masalah-masalah yang menjadi bahan penelitian. Hasil akhir dari penulisan makalah ini adalah simpulan dan saran. Simpulannya antara lain: Negosiasi diatur oleh beberapa peraturan, antara lain UU No. 22/1957 tentang Penyelesaian Perselisiahan Perburuhan; KKB Bumiputera dan UU No. 30/1999 tentang Alternatif Pnyelesaian Sengketa dan Arbitrase. Namun dari ketiga peraturan di atas hanya UU No. 30/1999 tentang Alternatif Pnyelesaian Sengketa dan Arbitrase yang paling efektif untuk diterapkan dalam sengketa izin belajar pegawai.Penyelesaian Perselisihan Perburuhan ( izin belajar pegawai ) pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Operasional Subang melalui Negosiasi menurut UU No. 30/1999 tentang Alternatif Penyelesaian Sengketa dan Arbitrase dapat diselesaikan secara efektif. Dan Saran yang disampaikan adalak UU No. 30/1999 tentang Alternatif Pnyelesaian Sengketa dan Arbitrase, sepatutnya dijadikan pedoman dalam penyelesaian sengketa alternatif. Diharapkan setiap perselisihan perburuhan dapat diselesaikan melalui Negosiasi sesuai dengan UU No. 30/1999 tentang Alternatif Pnyelesaian Sengketa dan Arbitrase.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: 01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: SH, MH, Dr Mochamad Arifinal
Date Deposited: 10 Jun 2023 11:01
Last Modified: 10 Jun 2023 11:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/24400

Actions (login required)

View Item View Item