Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN OUTBOUND (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Kartika Siliwangi 39 Serang Banten)

RAHMAWATI, SITA (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN OUTBOUND (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Kartika Siliwangi 39 Serang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MELALUI KEGIATAN OUTBOUND (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Kartika Siliwangi 39 Serang Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Social skills are forms of behavior, deeds and attitudes displayed by individuals when interacting with others. Social skills of group B children in Kartika Siliwangi Kindergarten 39 Serang is still low, this is because the learning method used is less supportive of social interaction. So the need for innovative learning methods in order to provide new experiences to support the social interaction of children so that children's social skills increased, one of them by using outbound activities. Outbound activity is a way that researchers apply in improving social skills. The method used in this research is the method of action research. Actions designed in recurring cycles, in this study consisted of two cycles. In the first cycle of 8 times action and cycle II as much as 2 times action, with success criteria 76%. Subjects in this study were B1 TK Kartika Siliwangi 39 Serang Banten group, which consisted of 11 girls and 6 boys. In each cycle there are 3 stages of planning, action and observation, and reflection. Data collection techniques through observation, field notes, interview notes and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation, and conclusions. Initial stages are given in the learning process by designing RPPH and applying outbound activities in the learning process. Based on the results of research that has been done, it is found that social skills of children aged 5-6 years increases in each cycle. At 26.4% pre action, the first cycle was 47.1% and the second cycle was 85.1% and exceeded the success criteria on the targeted indicator. Based on the results of data that have been obtained it can be concluded that with the implementation of outbound activities can improve social skills of children aged 5-6 years in Kartika Siliwangi Kindergarten 39 Serang Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidah, LailyUNSPECIFIED
Thesis advisorKusuma Wardani, DinaUNSPECIFIED
Additional Information: Keterampilan sosial adalah bentuk prilaku, perbuatan dan sikap yang ditampilkan oleh individu ketika berinteraksi dengan orang lain. Keterampilan sosial anak kelompok B di TK Kartika Siliwangi 39 Serang masih rendah, hal ini disebabkan metode pembelajaran yang digunakan kurang mendukung adanya interaksi sosial. Maka diperlukannya inovasi metode pembelajaran agar dapat memberikan pengalaman baru untuk mendukung interaksi sosial anak sehingga keterampilan sosial anak meningkat, salah satunya dengan menggunakan kegiatan outbound. Kegiatan outbound merupakan cara yang diterapkan peneliti dalam meningkatkan keterampilan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan. tindakan yang dirancang dalam siklus berulang, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 kali tindakan dan siklus II sebanyak 2 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan 76%. Subjek pada penelitian ini adalah Kelompok B1 TK Kartika Siliwangi 39 Serang Banten yang berjumlah 11 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Disetiap siklus terdapat 3 tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Tahapan awal yang diberikan dalam proses pembelajaran dengan merancang RPPH dan menerapkan kegiatan outbound dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun meningkat di setiap siklusnya. Pada pra tindakan 26,4%, siklus I sebesar 47,1% dan siklus II sebesar 85,1% dan melampaui kriteria keberhasilan pada indikator yang telah ditargetkan. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kegiatan outbound dapat meningkatkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Kartika Siliwangi 39 Serang Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 08:00
Last Modified: 08 Oct 2021 08:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2440

Actions (login required)

View Item View Item