Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PRAKTEK PENEMUAN HUKUM DALAM PROSES PENGADILAN DI INDONESIA (KETETAPAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN DAN BARAT NO.546/73.P TGL. 14 NOVEMBER 1973)

Arifinal, Mochamad (2017) PRAKTEK PENEMUAN HUKUM DALAM PROSES PENGADILAN DI INDONESIA (KETETAPAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN DAN BARAT NO.546/73.P TGL. 14 NOVEMBER 1973). Other. Fakultas Hukum Untirta. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian Mandiri)
2017_2_PDF_Laporan Penelitian Madiri Tentang Penemuan Hukum (Studi Putusan).pdf

Download (679kB)

Abstract

Undang-undang yang merupakan wadah hukum kadangkala tidak dapat mengakomodir semua keingingan dari masyarakat sehingga mengakibatkan undang-undang itu menjadi tidak jelas dan dirasa tidak lengkap/hasil. Hukum harus ditegakkan apabila terjadi pelanggaran. Hakim tidak dapat dan tidak boleh menangguhkan atau menolak keputusan dengan alasan hukumnya tidak lengkap atau tidak jelas dan pengadilan tidak boleh menolak untuk memeriksa perkara dar mengadili sesuatu perkara yang diajukan dengan alasan bahwa hukum tidak atau kurang jelas, melainkan wajib untuk memeriksa dan mengadilinya. Ketetapan Pengadilan Jakarta Barat dan Selatan pada tanggal 14 November 1973 di dalam memutuskan status V R adalah tepat yang sekalipun peraturan hukum tertulisnya belum ada, tetapi hakim telah menemukan hukum yang sesuai dengan kebutuhan nyata./fakta kongkrit. Dalam penemuan hukum ini, Hakim menggunakan metode penafsiran sosiologis.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: 01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: SH, MH, Dr Mochamad Arifinal
Date Deposited: 10 Jun 2023 10:50
Last Modified: 10 Jun 2023 10:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/24389

Actions (login required)

View Item View Item