Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS ANAK MELALUI KEGIATAN EKSPLORASI BAHAN ALAM (Penelitian Tindakan pada Sentra Bahan Alam Kelompok B di TK Az-Zahroh Serang Banten)

KUSNIATI, KUSNIATI (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS ANAK MELALUI KEGIATAN EKSPLORASI BAHAN ALAM (Penelitian Tindakan pada Sentra Bahan Alam Kelompok B di TK Az-Zahroh Serang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS ANAK MELALUI KEGIATAN EKSPLORASI BAHAN ALAM (Penelitian Tindakan pada Sentra Bahan Alam Kelompok B di TK Az Zahroh Serang Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Scientific skills are the ability to acquire and examine various natural phenomena, such as observing activities around them, measuring, classifying objects, comparing and communicating. The ability of science skill by using natural material media is an obstacle experienced by the group B children in TK Az-zahroh Serang- Banten. The objectives of this research are 1) to know the process of applying natural resource exploration activities in improving science skill of group B children in TK Azzahroh Serang-Banten, and 2) to improve children's science skill through exploration of natural materials in group B in TK Az-zahroh Serang-Banten. The method used in this research is action research, action designed in repetitive cycle. In this study consists of two cycles. In the first cycle of eigh action and cycle II as much as four the action, with the criteria used as a measure of success of action and agreement of collaborators by 60%. Each cycle consists of eight meetings with stages of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were children of B TK Az-zahrohSerang-Banten, which consisted of 15 children consisting of 6 women and 9 men in the academic semester from 2016-2017. Data collection techniques used are through observation, field notes, interview notes, documentation notes. Data analysis consists of data reduction, data presentation and conclusion. The result of the research shows that 1) the stage of the process of preparation of game of natural materials exploration activity Natural material media include planning stage, implementation stage, and evaluation / evaluation stage; And 2) improvement of children's science skill through natural resource exploration activity can be said to be successful, it is seen in pre action of 39%, cycle I is 51%, and in cycle II is 80%. The success criteria of action agreed by the researcher and collabator that is equal to 60% thus the science skill of children aged 5-6 years through exploration of natural materials group B in TK Az-zahroh Serang-Banten can be said successful because it has exceeded the predetermined criteria.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKusumawardani, RatihUNSPECIFIED
Thesis advisorMaryani, KristianaUNSPECIFIED
Additional Information: Keterampilan sains merupakan kemampuan untuk memperoleh dan mengkaji berbagai fenomena alam, seperti mengamati kegiatan disekelilingnya, mengukur, mengklasifikasi benda-benda, membandingkan dan mengkomunikasikan. Kemampuan keterampilan sains dengan menggunakan media bahan alam merupakan kendala yang dialami oleh anak kelompok B di TK Az-zahroh Serang-Banten. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui proses penerapan kegiatan eksplorasi bahan alam dalam meningkatkan keterampilan sains anak kelompok B di TK Az-zahroh Serang- Banten, dan 2) untuk meningkatkan keterampilan sains anak melalui kegiatan eksplorasi bahan alam pada kelompok B di TK Az-zahroh Serang-Banten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan, tindakan yang dirancang dalam siklus berulang. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 kali tindakan dan siklus II sebanyak 4 kali tindakan, dengan kriteria yang dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan tindakan dan kesepakatan kolaborator sebesar 60%. Setiap siklus terdiri dari delapan pertemuan denga tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Az-zahroh Serang-Banten yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 6 perempuan dan 9 laki-laki pada semester ajaran 2016-2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara, catatan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) tahap proses persiapan permainan kegiatan eksplorasi bahan alam Media bahan alam meliputi tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian/evaluasi; dan 2) peningkatan keterampilan sains anak melalui kegiatan eksplorasi bahan alam sudah dapat dikatakan berhasil, hal ini terlihat pada pra tindakan sebesar 39%, siklus I sebesar 51%, dan pada siklus II sebesar 80%. Kriteria keberhasilan tindakan yang telah disepakati oleh peneliti dan kolabolator yaitu sebesar 60% dengan demikian keterampilan sains anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan eksplorasi bahan alam kelompok B di TK Az-zahroh Serang-Banten dapat dikatakan berhasil karena telah melebihi kriteria yang telah ditentukan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:57
Last Modified: 08 Oct 2021 07:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item View Item