Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN PASIR (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang Banten)

MARDIANA, TIKA (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4 – 5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN PASIR (Penelitian Tindakan untuk Anak Kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4–5 TAHUN MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN PASIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Smooth motor is the organizing between small muscles that require precision and eye and hand coordination that can lead to gentle or simple movements such as writing, tearing and so on. The fine motor skills of children aged 4-5 years in Kemala Bhayangkari 01 Serang kindergarten is still low, this is due to lack of stimulation and good activities that can support smooth child motorbikes in order to develop optimally. So it takes activities interesting and fun for children, one of them is by painting activities with sand. The activity of painting with sand is an activity applied by researchers in improving fine motor skills. The method used in this research is the method of action research, the action designed in the recurring cycle, in this study consists of two cycles. In the first cycle of 8 actions and cycle II as much as 2 times the action, with the success criteria reached 60%. Subjects in this study were in Kemala Bhayangkari 01 Serang kindergarten with the number of 17 children aged 4-5 years consisting of 11 girls and 6 boys. Each cycle consists of four stages: planning, action, observation and reflection. Data collection techniques through observation, field notes, interview notes and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation and conclusion. Initial stages are given in the learning process by designing RPPH and apply the activity of painting with sand in the learning process In the core activities carried out by giving action through the activities of painting with sand and make observations in each cycle. Based on the results of the research, it is found that the fine motor skills of children aged 4-5 years through sand painting activities with the results of this study note that at the beginning of 29% then in the first cycle increased to 57%, in the second cycle had a significant increase reached 93% And experience success on targeted indicators. Based on the results of data that have been obtained it can be concluded that the application of painting activities with sand can improve the fine motor skills of children aged 4-5 years in kindergarten Kemala Bhayangkari 01 Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKusumawardani, RatihUNSPECIFIED
Thesis advisorKusumawardani, DinaUNSPECIFIED
Additional Information: mbutuhkan kecermatan serta koordinasi mata dan tangan yang dapat menimbulkan gerakan lembut atau sederhana seperti menulis, merobek dan sebagainya. Keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang masih rendah, hal ini disebabkan karena kurangnya stimulasi dan kegiatan yang baik yang dapat mendukung perkembengan motorik halus anak agar dapat berkembang dengan optimal. Maka diperlukan kegiatan yang menarik serta menyenangkan bagi anak, salah satunya yaitu dengan kegiatan melukis dengan pasir. Kegiatan melukis dengan pasir ini dilakukan guna mengetahui pengaruh kegiatan ini untuk dapat meningkatkan keterampilan otorik halus anak itu sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, tindakan yang dirancang dalam siklus berulang, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 tindakan dan siklus II sebanyak 2 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan mencapai 60%. Subjek pada penelitian ini adalah di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang dengan jumlah 17 orang anak usia 4-5 tahun yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Disetiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Tahapan awal yang diberikan dalam proses pembelajaran dengan merancang RPPH dan menerapkan kegiatan melukis dengan pasir dalam proses pembelajaran. Pada kegiatan inti dilakukan dengan memberikan tindakan melalui kegiatan melukis dengan pasir dan melakukan pengamatan disetiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan melukis dengan pasir dengan hasil penelitian ini diketahui bahwa pada kondisi awal 29% kemudian di siklus I meningkat menjadi 57% , pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan mencapai 93% dan mengalami keberhasilan pada indikator yang sudak ditargetkan. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan kegiatan melukis dengan pasir dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:53
Last Modified: 08 Oct 2021 07:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2435

Actions (login required)

View Item View Item