Romli, Muhamad (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDN JATAKE 6 KOTA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS 1 SDN JATAKE 6 KOTA TANGERANG.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
This study aims to improve the ability to read the beginning by using a picture story book media on students of class 1 State Element Jatake 6, District Jatiuwung, Tangerang City. The type of this research is Classroom Action Research conducted two cycles. Research design using Kemmis Mc model. Teggart with the research subjects of grade 1 students who numbered 30 students. Data collection techniques used 1) oral and written test of reading comprehension, 2) observation, and 3) documentation. The technique of data analysis using descriptive statistical analysis is by finding the mean. Indicators of student success to be achieved with the average class 70 and 80% completeness. The results showed that learning to read the beginning by using picture book media can improve students' reading ability in grade 1 of State Elementary School Jatake 6. The ability to read on the pre-action of 61.83 and 47%, 47%, in the first cycle increased to 68.79 with 63% completeness, an increase in cycle II 73.46 with 80% completeness. In this action the ability to read students with pronunciation, intonation and reading comprehension increases to reach the defined criteria of completeness is the average class 70 and 80% class completeness. In this research cycle used picture story book media.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media buku cerita bergambar pada siswa kelas 1 SD Negeri Jatake 6, Kecamatan Jatiuwung , Kota Tangerang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) tes membaca lisan dan tes tertulis memahami bacaan, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu dengan mencari rerata. Indikator keberhasilan siswa yang harus dicapai dengan rerata kelas 70 dan ketuntasannya 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Jatake 6. Kemampuan membaca pada pra tindakan sebesar 61,83 dan ketuntasanya 47%, pada siklus I meningkat menjadi 68,79 dengan ketuntasan 63%, peningkatan pada siklus II 73,46 dengan ketuntasan 80%. Pada tindakan ini kemampuan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 80%. Pada siklus penelitian ini digunakan media buku cerita bergambar. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2021 07:48 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2021 07:48 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2434 |
Actions (login required)
View Item |