Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MENGENAL POLA MELALUI MEDIA BAHAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelompok A di TK Tunas Merak, Pandeglang Banten)

Nur Amalia, Nunuh (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MENGENAL POLA MELALUI MEDIA BAHAN ALAM (Penelitian Tindakan Kelompok A di TK Tunas Merak, Pandeglang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MENGENAL POLA MELALUI MEDIA BAHAN ALAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Patterns are a recurring concept that can develop children's thinking skills such as learning to observe, collect and sequence things in life. Early mathematical skills in patterns are constraints experienced by the group A children in TK Tunas Merak, the use of media in the less concrete mathematical learning process, less varied and interesting in supporting the learning of children in the classroom. Therefore in this study the natural media use as to improve the ability of basic early math in pattern group A at TK Tunas Merak Pandeglang. The method used in this action research, designed in recur cycle. In this research of two cycles. In the first cycle as much as eight action and cycle II as much as two action, with the success criteria of 60%. Each cycle consists of eight encounter with four stages of planning, action, observation and reflection. The subject of the children in group A TK Tunas Merak Pandeglang which amounted to 15 children consisting of 11 boys and 4 girls in second semester of academic year 2016/2017. Data collection techniques used are through observation, field, interview and documentation. Data analysis consists of data reduction, data presentation and conclusion. Natural media is used during core activities and conducting observations in cycle Based on the results of the research that has been done, it is found that the early math in pattern of children in group A increases in each cycle. At the pre action of 26%, the first cycle 44%, and on the second cycle 70% and experienced success on the indicator targeted. Based on the results of data that have been obtained it can be concluded that by using the natural media can increasing early math in patternof group A children in kindergarten Tunas Merak Pandeglang

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKusumawardani, RatihUNSPECIFIED
Thesis advisorMaryani, KristianaUNSPECIFIED
Additional Information: Pola merupakan konsep berulang yang dapat mengembangkan keterampilan berpikir anak seperti belajar mengamati, mengumpulkan dan mengurutkan sesuatu di kehidupan sehari-hari. Kemampuan matematika permulaan dalam mengenal pola merupakan kendala yang dialami oleh anak Kelompok A di TK Tunas Merak, penggunaan media yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika yang kurang kongkrit, kurang bervariasi dan kurang menarik dalam mendukung pembelajaran anak di kelas. Karenanya pada penelitian ini bahan alam digunakan sebagai media dalam upaya meningkatkan kemampuan matematika permulaan mengenal pola pada anak kelompok A di TK Tunas Merak Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan, tindakan yang dirancang dalam siklus berulang. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 kali tindakan dan siklus II sebanyak 2 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan kemampuan mengenal pola rata-rata sebesar 60%. Setiap siklus terdiri dari delapan pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Tunas Merak Pandeglang yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 4 anak perempuan pada semester II tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Media bahan alam digunakan pada saat kegiatan inti dan melakukan pengamatan disetiap siklusnya Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa kemampuan matematika permulaan mengenal pola anak kelompok A meningkat disetiap siklusnya. Pada pra tindakan sebesar 26%, siklus I sebesar 44%, dan pada siklus II sebesar 70% dan mengalami keberhasilan pada indikator yang sudah ditargetkan. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media bahan alam dapat meningkatkan kemampuan matematika permulaan mengenal pola anak kelompok A di TK Tunas Merak Pandeglang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:41
Last Modified: 08 Oct 2021 07:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2433

Actions (login required)

View Item View Item