Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR (PTK pada Siswa Kelas V SDN Kemuning Kec. Waringinkurung Kab. Serang)

Hayaroh, Hayaroh (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR (PTK pada Siswa Kelas V SDN Kemuning Kec. Waringinkurung Kab. Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR - Copy.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This study aims to improve the activity and results of student learning on science subjects by using PAKEM approach. This research is done because of low student learning outcomes. Subjects in this study as many as 30 students. Data collection techniques used are observation, written test and documentation. While the instrument used for data collection is the test of student learning outcomes in the form of multiple choice questions and observation sheets. The results showed that the increase in activity and student learning outcomes. In cycle I the percentage of student activity reaches 60%, while in cycle II the percentage of student activity has increased to reach 85.71%. The percentage of students learning outcomes in the first cycle is 66.66% while the percentage of student learning outcomes in the second cycle has increased ie 86.66%. The conclusion that can be drawn is that the use of PAKEM approach can improve student's activity and learning outcomes in science subjects.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHenracipta, NanaUNSPECIFIED
Thesis advisorA. Syachruroji, A. SyachrurojiUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil beajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan PAKEM. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tertulis dan dokumentasi.sedangkan instrument yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas siswa mencapai angka 60%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan mencapai angka 85,71%. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 66,66% sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 86,66%. Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:21
Last Modified: 08 Oct 2021 07:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2428

Actions (login required)

View Item View Item