Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS REAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGKONSTRUKSI BUKTI MATEMATIS

Mutaqin, Anwar (2010) PENERAPAN MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN ANALISIS REAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENGKONSTRUKSI BUKTI MATEMATIS. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 3 (2). pp. 77-81. ISSN 1979-3545

[img] Text
Penerapan Mind Mapping dalam pembelajaran analisis real untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti matematis.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan mahasiswa matematika/pendidikan matematika dalam mengkonstruksi bukti sangat penting, baik dari aspek struktur matematika maupun dari aspek pedagogis. Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kemampuan ini tidak sempurna dimiliki oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti matematis melalui pembelajaran dengan mind mapping. Mind mapping dipilih karena mampu memvisualkan pengetahuan matematika yang terstruktur dan saling terhubung. Selain itu, mind mapping yang dilengkapi dengan warna membuat mahasiswa tidak jenuh dalam belajar dan ringkas dalam mencatat. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperemin dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengontrak mata kuliah analisis real. Sampel dipilih 2 kelas secara acak kelas yang masing-masing kelas terdiri dari 40 mahasiswa. Hasil pretes menunjukkan bahwa kemampuan awal mahasiswa dalam mengkonstruksi bukti matematis tidak berbeda secara signifikan. Hasil posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 68,5 dan 55,75, sedangkan nilai rata-rata gain ternormalisasi kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 0,48 dan 0,23. Uji statistik pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dan nilai rata-rata gain ternormlisasi kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan mengkonstruksi bukti matematis mahasiswa yang diberi pembelajaran mind mapping lebih baik daripada mahasiswa yang diberi pembelajaran biasa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Anwar Mutaqin
Date Deposited: 22 May 2023 10:32
Last Modified: 22 May 2023 10:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/24234

Actions (login required)

View Item View Item