Putri Nur Rachma, Cindy (2023) ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL TIGA LENGAN PADA KONDISI PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) Studi Kasus : Jalan Legok-Karawaci dan Jalan Kelapa Dua Raya. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Cindy Putri Nur Rachma_3336160105_02.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Text
Cindy Putri Nur Rachma_3336160105_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
Cindy Putri Nur Rachma_3336160105_04.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
Cindy Putri Nur Rachma_3336160105_03.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Cindy Putri Nur Rachma_3336160105_05.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Cindy Putri Nur Rachma_3336160105_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
CINDY PUTRI NURACHMA_3336160105_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
|
Text
Cindy Putri Nur Rachma_3336160105_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Cindy Putri Nur Rachma_3336160105_06.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
|
Text
Cindy Putri Nur Rachma_3336160105_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Persimpangan jalan adalah daerah pertemuan dua jalan atau lebih yang bergabung dan merupakan tempat terjadinya konflik yang didalamnya terdapat fasilitas pergerakan lalu lintas. Persimpangan didefinisikan sebagai daerah umum yang memiliki dua jalan atau lebih bergabung atau bersimpangan, termasuk jalan dan fasilitas tepi jalan untuk pergerakan lalu lintas didalamnya (AASHTO, 2001, C. Jotin Khisty, B. Kent Lall, 2005). Pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Simpang kelapa dua mengalami penurunan jumlah kendaraan yang membuat arus lalu lintas menjadi lancar. Sehubungan dengan hal itu perlu dilakukan penelitian khususnya persimpangan di Kelapa Dua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada persimpangan di Jalan Raya Legok-Karawaci – Jalan Raya Kelapa Dua pada saat PSBB serta alternatifnya, Alternatif yang digunakan pada simpang ini ada 2, yaitu mengurangi hambatan samping dan merencanakan simpang APILL serta pelebaran jalan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil alternatif mengurangi hambatan samping didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ) yaitu sebesar 1,22, tundaan (T) sebesar 43,18 det/skr dan peluang antrian sebesar 1,125%-0,61%. Sedangkan, Penggunaan APILL dan pelebaran jalan di simpang Kelapa Dua menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan tanpa APILL. Hal ini dapat dilihat dari nilai derajat kejenuhan (DJ) yang semula 1,22 skr/jam menjadi 0,77 skr/jam, panjang antrian (PA) yaitu 51,43 m dan tundaan rata-rata (T) yaitu sebesar 20,06 det/skr. Kata kunci : Simpang Tak Bersinyal, Persimpangan
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Persimpangan jalan adalah daerah pertemuan dua atau lebih jalan yang bergabung dan merupakan tempat terjadinya konflik yang didalamnya terdapat fasilitas pergerakan lalu lintas. Tempat umum di mana dua atau lebih jalan bergabung atau bersilangan, khususnya yang memiliki fasilitas untuk sirkulasi lalu lintas di sana, disebut persimpangan [3]. Pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Simpang kelapa dua mengalami penurunan jumlah kendaraan yang membuat arus lalu lintas menjadi lancar. Sehubungan dengan hal itu perlu dilakukan penelitian khususnya persimpangan di Kelapa Dua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada persimpangan di Jalan Raya Legok-Karawaci – Jalan Raya Kelapa Dua pada saat PSBB serta alternatifnya, Alternatif yang digunakan pada simpang ini ada 2, yaitu mengurangi hambatan samping dan merencanakan simpang APILL serta pelebaran jalan. Dari hasil penelitian diperoleh hasil alternatif mengurangi hambatan samping didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ) yaitu sebesar 1,22, tundaan (T) sebesar 43,18 det/skr dan peluang antrian sebesar 1,125%-0,61%. Sedangkan, Penggunaan APILL dan pelebaran jalan di simpang Kelapa Dua menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan tanpa APILL. Hal ini dapat dilihat dari nilai derajat kejenuhan (DJ) yang semula 1,22 skr/jam menjadi 0,77 skr/jam, panjang antrian (PA) yaitu 51,43 m dan tundaan rata-rata (T) yaitu sebesar 20,06 det/skr. | |||||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | |||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Cindy Putri Nur Rachma | |||||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2023 11:58 | |||||||||
Last Modified: | 07 Jun 2023 11:58 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/24221 |
Actions (login required)
View Item |