Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII DI KAB. PANDEGLANG

Paturohman, Iip (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII DI KAB. PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII DI KAB. PANDEGLANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menjadi dasar dari proses pembelajaran matematika. Salah satu alternatif pembelajaran matematika yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan pendekatan Pembelajaran Matematik Realistik (PMR) metode Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Jajawai Kadomas Pandeglang semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 5 kelas dengan dua kelas yang diambil sebagai sampel yaitu kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.D sebagai kelas kontro. Metode penelitan yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontol non-ekuivalen. Teknik sampilng yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Pembelajaran PMR adalah suatu konsep pembelajaran yang membantu guru dan siswa mengaitkan materi pembelajaran dengan dunia nyata (konkret) sehingga materi dan permasalahan matematika ini bisa dijumpai dalam kehidupan seharihari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberikan PMR dengan metode ekspositori lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendrayana, AanUNSPECIFIED
Thesis advisorIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menjadi dasar dari proses pembelajaran matematika. Salah satu alternatif pembelajaran matematika yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dengan pendekatan Pembelajaran Matematik Realistik (PMR) metode Ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ihsan Jajawai Kadomas Pandeglang semester genap tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 5 kelas dengan dua kelas yang diambil sebagai sampel yaitu kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.D sebagai kelas kontro. Metode penelitan yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontol non-ekuivalen. Teknik sampilng yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Pembelajaran PMR adalah suatu konsep pembelajaran yang membantu guru dan siswa mengaitkan materi pembelajaran dengan dunia nyata (konkret) sehingga materi dan permasalahan matematika ini bisa dijumpai dalam kehidupan seharihari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pencapaian akhir kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberikan PMR dengan metode ekspositori lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:24
Last Modified: 08 Oct 2021 04:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2396

Actions (login required)

View Item View Item