Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMPLEMENTATION OF THE TPACK FRAMEWORK TO MEASURE INTEGRATION OF TECHNOLOGY, PEDAGOGY AND THE CONTENT OF LECTURERS IN MATHEMATICS EDUCATION

Nindiasari, Hepsi and Pamungkas, Nena and Pamungkas, Aan Subhan (2021) IMPLEMENTATION OF THE TPACK FRAMEWORK TO MEASURE INTEGRATION OF TECHNOLOGY, PEDAGOGY AND THE CONTENT OF LECTURERS IN MATHEMATICS EDUCATION. IMPLEMENTATION OF THE TPACK FRAMEWORK TO MEASURE INTEGRATION OF TECHNOLOGY, PEDAGOGY AND THE CONTENT OF LECTURERS IN MATHEMATICS EDUCATION, 5 (2). pp. 30-39. ISSN 2579-9827

[img] Text
artikel hepsi dan nena.pdf

Download (358kB)

Abstract

Salah satu kendala dalam penggunaan teknologi pembelajaran adalah pada kurangnya pemahaman pengajar terhadap teknologi, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dosen pendidikan matematika terhadap integrasi teknologi pada pembelajaran dengan menggunakan kerangka TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge), dimana masih sedikit literatur yang mengkaji TPACK pada perguruan tinggi. Selanjutnya, jenis kelamin dan lama mengajar dianalisis pengaruhnya terhadap TPACK dengan menggunakan analysis of variance (ANOVA). Hasil penelitian ini adalah Aplikasi power point merupakan teknologi yang banyak digunakan oleh dosen pendidikan matematika sebesar 40,9%, komponen PCK, PK dan CK berpengaruh positif kuat terhadap persepsi TPACK dosen pendidikan matematika. Nilai rata-rata komponen TPACK adalah TK 3,95; CK 4,01; PK 4,08; PCK 4,02; TCK 4,04; TPK 4,02; TPACK 3,96. Untuk analisis mendalam terhadap faktor jenis kelamin dan lama mengajar terhadap komponen TPACK didapatkan bahwa, faktor jenis kelamin dan lama mengajar tidak ada pengaruh signifikan antara pemahaman dosen pendidikan matematika terhadap ketujuh komponen.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Hepsi Nindiasari
Date Deposited: 31 May 2023 15:41
Last Modified: 31 May 2023 15:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23837

Actions (login required)

View Item View Item