Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Efektivitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik: Systematic Literature Review

Apriyatni, Sri and Novaliyosi, Novaliyosi and Nindiasari, Hepsi and SUKIRWAN, SUKIRWAN (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Knisley Terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik: Systematic Literature Review. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

[img] Text
Bukti Korespodensi Efektivitas Model Pembelajaran Knisley.pdf

Download (289kB)
[img] Text
Efektivitas Model Pembelajaran Knisley.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peserta didik diharapkan mampu menalar, berpikir logis, berpikir sistematis, dan memiliki keterampilan personal dan interpersonal yang baik yang dapat membantu mereka dalam memecahkan masalah sehari-hari. Salah satu cara yang dapat diupayakan adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Knisley untuk mengasah kemampuan matematika, baik hard skill maupun soft skill. Tujuan dari Systematic Literatur Review ini adalah untuk mengkaji literatur terkait keefektifan model pembelajaran Knisley terhadap kemampuan matematika (hard skill dan soft skill) peserta didik. Data dikumpulkan dengan menyintesis dan mereview semua artikel yang berkaitan dengan model pembelajaran Knisley dan kemampuan matematika yang diterbitkan antara tahun 2012 hingga 2022 melalui database Google Scholar dan Pepusnas. Diperoleh sebanyak 32 artikel yang menjadi bahan kajian sintesis kualitatif. Penelitian ini menunjukkan, model pembelajaran Knisley efektif dalam meningkatkan berbagai kemampuan hard skill matematis. Namun, dalam hal perbedaan gender, tidak efektif untuk keterampilan berpikir kritis matematis. Model pembelajaran Knisley juga efektif untuk meningkatkan soft skill peserta matematika, yaitu disposisi matematika dan self efficacy.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Hepsi Nindiasari
Date Deposited: 31 May 2023 15:53
Last Modified: 31 May 2023 15:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23831

Actions (login required)

View Item View Item