Eliana, Lina and Nindiasari, Hepsi and Santosa, Cecep Anwar Hadi Firdos (2021) DEVELOPMENT OF E-LEARNING TEACHING MATERIALS ON MATRICES BASED ON COGNITIVE LOAD THEORY. DEVELOPMENT OF E-LEARNING TEACHING MATERIALS ON MATRICES BASED ON COGNITIVE LOAD THEORY, 5 (1). pp. 47-63. ISSN 2579-9827
Text
Artikel Hepsidan Eliana.pdf Download (410kB) |
Abstract
Pembelajaran akan efektif jika dapat meminimalkan extraneous cognitive load karena pemahaman siswa dapat ditingkatkan dan menyimpan dalam memori jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan bahan ajar e-learning pada materi matriks berbasis cognitive load theory yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan e-LKS (Lembar Kerja Siswa elektronik) dengan bantuan liveworksheet disajikan example-based learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan yang digunakan adalah (1) analisis, (2) perancangan, (3) Pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Uji valid berdasarkan pada penilaian para ahli menunjukan bahwa bahan ajar e-learning pada materi matriks berbasis cognitive load theory memperoleh rata-rata sebesar 4,25 dengan kategori sangat valid sehingga bahan ajar ini layak untuk digunakan. Uji kepraktisan berdasarkan angket respon siswa menunjukkan bahwa bahan ajar ini memperoleh rata-rata sebesar 79,7% dengan kategori baik, dan tes evaluasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini memperoleh rata-rata sebesar 78,6% dengan ketuntasan siswa dalam pembelajaran sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-learning pada materi matriks berbasis cognitive load theory dapat dikatakan efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Dr. Hepsi Nindiasari |
Date Deposited: | 31 May 2023 15:48 |
Last Modified: | 31 May 2023 15:48 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23829 |
Actions (login required)
View Item |