Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DEVELOPMENT OF E-LEARNING TEACHING MATERIALS ON MATRICES BASED ON COGNITIVE LOAD THEORY

Eliana, Lina and Nindiasari, Hepsi and Santosa, Cecep Anwar Hadi Firdos (2021) DEVELOPMENT OF E-LEARNING TEACHING MATERIALS ON MATRICES BASED ON COGNITIVE LOAD THEORY. DEVELOPMENT OF E-LEARNING TEACHING MATERIALS ON MATRICES BASED ON COGNITIVE LOAD THEORY, 5 (1). pp. 47-63. ISSN 2579-9827

[img] Text
Artikel Hepsidan Eliana.pdf

Download (410kB)

Abstract

Pembelajaran akan efektif jika dapat meminimalkan extraneous cognitive load karena pemahaman siswa dapat ditingkatkan dan menyimpan dalam memori jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan bahan ajar e-learning pada materi matriks berbasis cognitive load theory yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan e-LKS (Lembar Kerja Siswa elektronik) dengan bantuan liveworksheet disajikan example-based learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan yang digunakan adalah (1) analisis, (2) perancangan, (3) Pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Uji valid berdasarkan pada penilaian para ahli menunjukan bahwa bahan ajar e-learning pada materi matriks berbasis cognitive load theory memperoleh rata-rata sebesar 4,25 dengan kategori sangat valid sehingga bahan ajar ini layak untuk digunakan. Uji kepraktisan berdasarkan angket respon siswa menunjukkan bahwa bahan ajar ini memperoleh rata-rata sebesar 79,7% dengan kategori baik, dan tes evaluasi menunjukkan bahwa bahan ajar ini memperoleh rata-rata sebesar 78,6% dengan ketuntasan siswa dalam pembelajaran sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-learning pada materi matriks berbasis cognitive load theory dapat dikatakan efektif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Hepsi Nindiasari
Date Deposited: 31 May 2023 15:48
Last Modified: 31 May 2023 15:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23829

Actions (login required)

View Item View Item