Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN DARING

Novaliyosi, Novaliyosi and Yuhana, Yuyu and Khaerunnisa, Etika (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN DARING. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11 (3). pp. 1640-1655. ISSN 2442-5419

[img] Text
2. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA INTERAKTIF UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA PEMBELAJARAN DARING.pdf

Download (859kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk pembelajaran berupa lembar kerja interaktif yang disajikan dengan langkah-langkah pembelajaran berbasis masalah untuk mendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi yang valid dan praktis pada proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima langkah pengembangan, yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Subyek penelitian adalah 6 siswa dalam uji coba lapangan awal dan 24 siswa dalam uji coba dari kelas VIII SMP Negeri 1 Kragilan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa lembar kerja interaktif pada pembelajaran daring untuk mendukung kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat digunakan dalam aktivitas pembelajaran karena memenuhi persyaratan validitas dan kepraktisan produk. Validitas lembar kerja siswa yang dikembangkan memperoleh persentase validitas ahli pendidikan sebesar 86,67% dengan kategori yang sangat valid dan persentase validitas ahli media sebesar 85,00% dengan kategori yang cukup valid. Kepraktisan siswa yang mengalami perkembangan sebesar 80,83% dengan kategori yang sangat praktis pada tahap uji coba lapangan dan persentase yang diperoleh pada tahap uji coba lapangan adalah 83,23% dengan kategori yang sangat praktis. Pengembangan lembar kerja ini dapat dijadikan rujukan bagi guru dalam membuat lembar kerja peserta didik yang dapat melatih peserta didik melakukan kegiatan berpikir tingkat tinggi, serta sebagai alternatif dan variasi pembelajaran matematika yang sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Authornovaliyosi, novaliyosi198009242006042002
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Novaliyosi M.Pd
Date Deposited: 29 May 2024 15:08
Last Modified: 29 May 2024 15:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23821

Actions (login required)

View Item View Item