Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pembelajaran Matematika

Fianingrum, Fifi and Novaliyosi, Novaliyosi and Nindiasari, Hepsi and Syamsuri, Syamsuri (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pembelajaran Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (5). pp. 6865-6874. ISSN 2656-8063

[img] Text
1. Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Pembelajaran Matematika.pdf

Download (480kB)

Abstract

Matematika mempunyai peranan penting dalam setiap sisi kehidupan. Semua yang kita lakukan tidak terlepas dari pengukuran dan angka. Sehingga tujuan dari mempelajari matematika supaya peserta didik memiliki kemampuan pemahaman dalam matematika, menggunakan penalaran, memecahkan masalah matematika, mengkomunikasikan dan memiliki sikap menghargai matematika. Demi tercapainya tujuan dari pembelajaran matematika perlu menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai. Yaitu model pembelajaran flipped classroom. Untuk mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi,dan menafsirkan penelitian sebelumnya terkait model pembelajaran flipped classroom terhadap pembelajaran matematika maka digunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Langkah dalam penelitian ini yaitu mementukan tema dan rumusan masalah. Lalu mengumpulkan artikel sesuai tema. Langkah selajutnya mengelompokan artikel terkait model pelajaran Flipped Classroom dalam pembelajaran matematika. Terkait rumusan masalah yang sudah ditentukan maka diperoleh hasil: Media teknologi yang paling banyak di gunakan dalam menerapkan model pembelajaran flipped classroom dalam pembelajaran matematika yaitu video pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan pemahaman konsep, kemampuan literasi matematika, kemandirian belajar, sikap dan keterampilan belajar matematika serta kemampuan penalaran matematis. Dilihat dari pengertian tujuan mempelajari matematika, penerapan model pembelajaran flipped classroom dapat mencapai semua tujuan pemebalajaran matematika. Kata Kunci: flipped classroom, SLR, pembelajaran matematika.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
AuthorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr Novaliyosi M.Pd
Date Deposited: 22 May 2024 10:58
Last Modified: 22 May 2024 10:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23819

Actions (login required)

View Item View Item