Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Analisis Meta: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa

Rohmatullah, Rohmatullah and Syamsuri, Syamsuri and Nindiasari, Hepsi and Fatah, Abdul (2022) Analisis Meta: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Analisis Meta: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa, 6 (2). pp. 1558-1567. ISSN 614-3038

[img] Text
Analisis Meta Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based.pdf

Download (322kB)

Abstract

Penalaran matematis sebagai bagian dari kemampuan penting milik siswa. Contoh model pembelajaran yang tepat untuk menambah kemampuan siswa menalar sistematis dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dari google cendekia, portal garuda, dan sintaristekbrin, penulis memperoleh 72 artikel yang membahas pengaruh penerapan Model PBL. Penelitian berikut menggunakan desain analisis meta sehingga untuk mengetahui besar pengaruhnya dari penerapan Model PBL terhadap kemampuan penalaran matematis. Dari semua artikel yang didapatkan, ada 11 artikel masuk pada kriteria inklusi untuk dianalisis dengan website meta-mar hingga didapatkan besar ukuran efek gabungan. Dari interpretasi ukuran efek gabungan ini, maka dapat diambil kesimpulannya jika keseluruhan penerapan Model PBL memberi pengaruh kuat pada kemampuan penalaran matematis siswa. Karakteristik studi dipenelitian berupa jenjang pendidikan serta tahun penelitiannya. Dari statistik, jika diterapkannya Model PBL untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dipengaruhi oleh jenjang pendidikan dan tahun penelitian.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika
08-Pascasarjana
Depositing User: Dr. Hepsi Nindiasari
Date Deposited: 03 May 2023 11:06
Last Modified: 03 May 2023 11:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23778

Actions (login required)

View Item View Item