SARI ANDRIYANI, YAYANG (2017) HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA PESERTA PELATIHAN MENJAHIT DI LKP KARISMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
HUBUNGAN KINERJA TUTOR DAN MOTIVASI BELAJAR.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Yayang Sari Andriyani (2221131747), 2017. “Hubungan Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar dengan Minat Berwirausaha pada Peserta pelatihan Menjahit di LKP Karisma”. Pembimbing I, Prof. Dr. Sudadio, M.Pd. Pembimbing II, Dr. H. Syadeli Hanafi, M.Pd. aaaaaaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar dengan Minat Berwirausaha Pada Peserta Pelatihan Menjahit di LKP Karisma. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kinerja tutor, motivasi belajar, dan minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan populasi karena jumlah responden kurang dari 100 orang. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh warga belajar di LKP Karisma sebanyak 14 warga belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas dengan mengggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui hubungan motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru digunakan teknik korelasi ganda. Tingkat signifikan hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan positif antara kinerja tutor dengan minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma hal ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 2,613 > 1,795, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma hal ini dibuktikan dari nilai rhitung lebih besar dari r tabel 2,869 > 1,795, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Terdapat hubungan positif antara kinerja tutor dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma yang dibuktikan dari nilai R = 0,751 dengan kategori korelasi kuat. Variabel kinerja tutor dan motivasi belajar mempunyai hubungan positif terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hubungan positif tersebut menginformasikan bahwa makin baik kinerja tutor dan motivasi belajar maka menjadikan minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma juga meningkat. . kemudian hasil dari Uji F menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kinerja tutor dan motivasi belajar terhadap minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma, hal ini diketahui dari nilai fhitung > ftabel (7,136 > 3,98). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Yayang Sari Andriyani (2221131747), 2017. “Hubungan Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar dengan Minat Berwirausaha pada Peserta pelatihan Menjahit di LKP Karisma”. Pembimbing I, Prof. Dr. Sudadio, M.Pd. Pembimbing II, Dr. H. Syadeli Hanafi, M.Pd. aaaaaaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kinerja Tutor dan Motivasi Belajar dengan Minat Berwirausaha Pada Peserta Pelatihan Menjahit di LKP Karisma. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah kinerja tutor, motivasi belajar, dan minat berwirausaha. Penelitian ini menggunakan populasi karena jumlah responden kurang dari 100 orang. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh warga belajar di LKP Karisma sebanyak 14 warga belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Uji validitas dengan mengggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Uji reabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui hubungan motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru digunakan teknik korelasi ganda. Tingkat signifikan hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat hubungan positif antara kinerja tutor dengan minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma hal ini dibuktikan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu 2,613 > 1,795, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. 2) Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma hal ini dibuktikan dari nilai rhitung lebih besar dari r tabel 2,869 > 1,795, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. 3) Terdapat hubungan positif antara kinerja tutor dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma yang dibuktikan dari nilai R = 0,751 dengan kategori korelasi kuat. Variabel kinerja tutor dan motivasi belajar mempunyai hubungan positif terhadap minat berwirausaha. Berdasarkan hubungan positif tersebut menginformasikan bahwa makin baik kinerja tutor dan motivasi belajar maka menjadikan minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma juga meningkat. . kemudian hasil dari Uji F menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kinerja tutor dan motivasi belajar terhadap minat berwirausaha pada peserta pelatihan menjahit di LKP Karisma, hal ini diketahui dari nilai fhitung > ftabel (7,136 > 3,98). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 08 Oct 2021 03:46 | |||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2021 03:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2374 |
Actions (login required)
View Item |