Amalia, Ema and Listyaningsih, Listyaningsih and Cadith, Juliannes (2012) ANALISIS PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD KABUPATEN SERANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI MASYARAKATMISKIN KABUPATEN DAN KOTA SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Skripsi Prodi ANE - EMA AMALIA)
Skripsi ANE - EMA AMALIA - 2012.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
Abstract
Ema Amalia. NIM. 6661082036. Skripsi. Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Rawat Jalan RSUD Kabupaten Serang Dalam Memberikan Pelayanan Bagi Masyarakat Miskin Kabupaten Dan Kota Serang. Program Studi Ilmu Adiministrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing 1: Listyaningsih, S.Sos.M.Si. Dosen Pembimbing 2: Julianes Cadith, S.Sos.M.Si Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Rawat, Jalan, RSUD, Kabupaten, Serang Keberadaan RSUD Kabupaten Serang sebagai rumah sakit rujukan yang menerima pelayanan bagi masyarakat miskin pengguna kartu jaminan kesehatan: Jamkesmas, SKTM dan Jamkesda. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan lebih memprioritaskan seluruh masyarakat Kabupaten Serang dikarenakan RSUD Kabupaten Serang adalah milik Pemerintah Kabupaten Serang dan hanya berkewajiban memberikan kemudahan akses bagi masyarakat Kabupaten Serang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perbedaan pelayanan rawat jalan RSUD Kabupaten Serang dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat miskin Kabupaten dan Kota Serang. Penelitian ini menggunakan teori Dimension of SERVQUAL (SERVice QUALity) yang dikemukakan oleh Valeire A. Zeithaml, A. Parasuraman dan Leorard L. Berry. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif komparatif. Populasi penelitian adalah jumlah pasien miskin rawat jalan RSUD Kabupaten Serang per-triwulan I-IV kurun waktu satu tahun, tahun 2011 berjumlah 25.534, sementara sampel yang diambil sebanyak 100 pasien dengan masing-masing 50 pasien miskin Kabupaten Serang dan 50 pasien miskin Kota Serang dengan menggunakan teknik incidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebar angket, studi dokumentasi, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik pengujian menggunakan uji beda hipotesis t-test dua sampel. Hasil penelitian menunjukan nilai kualitas pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Serang 79% pada skala interval didapat nilai berjalan sangat baik dan masyarakat Kota Serang 77% pada skala interval didapat nilai sangat baik. Hasil perhitungan diperoleh t hitung lebih besar dari dari harga t tabel (2,12 ≥ 1,980) maka Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya terdapat perbedaan kualitas pelayanan rawat jalan RSUD Kabupaten Serang dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat miskin Kabupaten dan Kota Serang.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | ABSTRACK Ema Amalia. NIM. 6661082036. Essay. Analysis of the differences in the quality of hospital outpatient services Serang Regency in providing services to the poor Serang regency and Serang city. Depantement Science of Public Administration. Culty of Social Science and Political Science. Sultan Ageng Tirtayasa University. Lecturers 1: Listyaningsih,S.Sos.M.Si. Lecturers 2: Julianes Cadith,S.Sos.M.Si Keyword: Quality, Service, Outpatient, RSUD, Regency, Serang Existence of Serang Regency Hospital as referral hospitals who receive services fot the poor users of health insurance cards. In the implementation of health services across the prioritize regency Serang, because Serang Regency hospital are owned by the government and only the Serang Regency shall provide ease of access for the Serang regency. This research is aimed to find out the differences in outpatient services given by serang hospital between poor people in serang regency and city. This theory used here is Dimension of SERVQUAL (Service Quality) presented by Valeire A. Zeithaml, A. Parasuraman and L. Leorard Berry. The research method used is quantitative comparative method. The population of this research is a number of poor outpatients in Serang Hospital per-quarter I-IV within one year period, in 2011 they are 25.534 people. while samples taken here are 100 patients divided by 50 poor patients from Serang regency and 50 poor patients from Serang city using incidental sampling technique. Data collection techniques used are spread questionnaires, study documentations, observation, interviews and literature study. Testing technique used is t-test two samples. Results of this research shows the value of quality services for poor outpatients from serang regency is 79% on interval scale obtained a very good value and for poor outpatients from serang city is 77% on a scale interval obtained a very good value too. Result of the calculation obtained t count is greater than t-priced table (2,12 ≥ 1,980) then Ho is rejected and Ha accepted. It concluded there are differences between outpatient care in hospitals Serang in providing services to the poor people from Serang regency and city. |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 13 Jun 2013 06:36 |
Last Modified: | 13 Jun 2013 06:36 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/235 |
Actions (login required)
View Item |