Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN Kelapa Dua 1 Tangerang

Santika, Sandra (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN Kelapa Dua 1 Tangerang. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR S.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

ABSTRACT EFFORT TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES THROUGH BY USING COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE THINK PAIR SHARE IN CIVIC EDUCATION SANDRA SANTIKA 2227100680 The research is motivated by a problem that is the low learning outcomes of students of Civic Education and the lack of student involvement in the learning process. This is becaused Civic Education is viewed as the subject are boring and tendency unimportant by the student. This phenomenon appears from the indicator of the seriousness and the enthusiasm of students in studying the subject is low and lack of serious attention. Unknowingly these conditions give serious effect on the development of personality and character of the students in the future. Therefore to solve this problem the researcher used Cooperative Learning model, type Think Pair Share (TPS). The subject of this research is 32 students in the class of VI B SD Negeri Kelapa Dua 1 Tangerang. This research is to increase in learning outcomes and to discover the students activity in Civic Education. The research method used is Penelitian Tidakan Kelas (Class Action Research) using research method from Kemmis and Mc Taggart. The research took 2 cycles, and each cycle consist of one meeting. The instruments used are test, observation and dokumentation. The result of this research, which is the learning outcomes and students activity in Civic Education shows an increase. During the pre-cycle the learning accomplishment was only 31%. Then the first cycle the learning accomplishment of the student increases to 71% and the average activity percentage of the student by the end of the first cycle is 75%. In the second cycle the student learning accomplishment increases into 100% and the average student activity percentage by the end of the second cycle reaches 100%. The research concludes that the learning process using cooperative learning model type Think Pair Share (TPS) could increase the learning result and the students activity. Keywords : Cooperative Learning type TPS, learning result, Civic Education, Elementary School

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSari Dewi, Ratna198105052005012002
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Additional Information: ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SANDRA SANTIKA 2227100680 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan kurangnya keterlibatan siswa pada proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dipandang sebagai mata pelajaran yang membosankan dan cenderung disepelekan oleh kalangan siswa. Fenomena ini muncul dilihat dari indikator keseriusan dan keantusiasan siswa pada saat mengkaji mata pelajaran ini cukup rendah dan kurang mendapat perhatian serius. Kondisi seperti ini tanpa disadari memberikan dampak serius dalam membentuk watak dan karakter siswa kelak dikemudian hari. Oleh karena itu untuk memecahkan permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share. Subyek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VI B SDN Kelapa Dua 1 Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan mengetahui aktivitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengalami peningkatan. Pada pra siklus ketuntasan belajar siswa hanya 31%. Kemudian pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 71% dan presentase aktivitas siswa pada akhir siklus I adalah 75%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 100% dan presentase rata-rata aktivitas siswa pada akhir siklus II adalah 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar, PKn, sekolah dasar
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning type TPS, learning result, Civic Education, Elementary School Model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar, PKn, sekolah dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:48
Last Modified: 25 Oct 2021 05:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2344

Actions (login required)

View Item View Item