Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI PENOKOHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRAMATIC LEARNING (PTK Di Kelas X IPA 6 SMA Negeri 4 Kota Serang)

Azis, Abdul (2023) MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI PENOKOHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DRAMATIC LEARNING (PTK Di Kelas X IPA 6 SMA Negeri 4 Kota Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Abdul Azis_2289180009_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Abdul Azis_2289180009_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text
Abdul Azis_2289180009_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
Abdul Azis_2289180009_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
Abdul Azis_2289180009_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Abdul Azis_2289180009_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
Abdul Azis_2289180009_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
Abdul Azis_2289180009_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Learning activity is an effort done consciously by man for a process of better changes, from the ones who are unable to be able, and from those who haven’t gotten used to it to got used to it. As a student, we need to have confidence, especially in the learning process, for lack of confidence could be an obstacle not just for the students but also the the educational staff to create a good learning environment. As according to what had been said in the teacher’s ethnicsl code, that teachers should create a greater school environment that highly supports the success of a learning process. The goal of this research is to know the students learning process and to increaser their confidence in those learning process. A classroom action research is the method used for this research by using the Dramatic Learning model an using Spiral Kemmis and Mc. Taggart’s research designed. The result of this research showed a students learning process that have an increase in the active learning process based on a better confidence in the students, the increasing students confidence in the pre cycle showed an average of 24%, cycle 1 showed an average of 39% after three action was done, and cycle 2 showed an average 76% after three actions was done. Based on this research, it can be concluded that learning using the Dramatic Learning model can increase the students confidence.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRoekmana, Giri Mustika0022127805
Thesis advisorRizal, Syamsul198901082019031007
Additional Information: Kegiatan belajar merupakan suatu usaha manusia yang dilakukan secara sadar untuk proses perubahan-perubahan yang lebih baik, dari yang belum bisa menjadi bisa, dan belum terbiasa menjadi terbiasa. Sebagai seorang siswa perlu adanya rasa percaya diri yang baik khususnya dalam proses pembelajaran, kurangnya rasa percaya diri dapat menjadi kendala bagi siswa dan juga bagi tenaga pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang baik. Sebagaimana salah satu kode etik guru adalah guru menciptakan suasana sekolah sebaik-baiknya yang menunjang berhasilnya proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses belajar siswa dan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas menjadi metode penelitian pada penelitian ini dengan menggunakan model Dramatic Learning dengan desain penelitian menggunakan model Spiral Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini memperoleh hasil proses belajar siswa yang mengalami peningkatan keaktifan proses belajar yang didasari oleh rasa kepercayaan diri siswa yang semakin membaik, hasil peningkatan rasa percaya diri siswa pada pra siklus menunjukkan persentase rata-rata sebesar 24%, siklus I menunjukkan persentase rata-rata sebesar 39% setelah dilaksanakannya tiga tindakan, dan siklus II menunjukkan capaian persentase rata-rata sebesar 76% setelah terlaksananya tiga tindakan. Berdasarkan hasil pada penelitian ini, dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan model Dramatic Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88209-Jurusan Pendidikan Seni dan Pertunjukan
Depositing User: MR ABDUL AZIS
Date Deposited: 14 Apr 2023 10:06
Last Modified: 14 Apr 2023 10:06
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23314

Actions (login required)

View Item View Item