Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN PERLOKUSI NEGOSIASI PEDAGANG DAN PEMBELI DI PASAR RAU SERTA USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA

Nur Asiyatun Hasanah, Siti (2017) ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN PERLOKUSI NEGOSIASI PEDAGANG DAN PEMBELI DI PASAR RAU SERTA USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DAN PERLOKUSI NEGOSIASI PEDAGANG DAN PEMBELI DI PASAR RAU SERTA USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This research based on the using of speech act in the case of sell-buy in market that has important role to transfer the goals from every individuals. Consumer and seller use the same language to get some deals on their conversation. In education side also exist this point of deal, we call it negotiation which is suitable with K13 curriculum on senior high school (SMA). Some question on this research are (1) How the speech act of illocution works between consumer and seller in Rau traditional market? (2) How the speech act of perlocution works between consumer and seller in Rau traditional market? (3) Do perlocution and illocution method in Rau market suitable with Proposal of Lesson Plan in senior high school for Indonesian language lesson? This research use descriptive qualitative method, the source is coming from negotiation between seller and consumer that has been happened in Rau market, Serang. Object on this research is speech act an collecting process of data done by use listening method and recording method. The result of research founded speech act illocution with 53 datas, speech act illocution of directive with 22 datas, speech act illocution of assertive with 18 datas, speech act illocution of comisive with 7 datas and speech act illocution of expressive with 6 datas. Domination of speech act is illocution of directive in conversation-negotiation between seller and consumer do not find declarative illocution because hard to find speech act which correlate the fill of speech with acts itself. And the last founded 53 datas of perlocution that exist because of the illocution effect. This research can be relating with strategy of plan for study, so this research can be used for material of lesson in senior high school, especially for Indonesia language lesson if appropriated with KD that correlate with material of lesson of negotiation context.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErwin Juansah, DaseUNSPECIFIED
Thesis advisorSalpa Riansi, ErwinUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini berjudul Analisis Tindak Tutur Ilokusi dan Perlokusi Negosiasi Pedagang dan Pembeli di Pasar Rau serta Usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan tindak tutur dalam wacana jual beli di pasar yang mempunyai peranan penting, yaitu menyampaikan maksud dan tujuan dari berbagai pihak. Pedagang dan pembeli sama-sama menggunakan bahasa sebagai sarana untuk menyampaikan maksud agar tercapai kesepakatan. Pada dunia pendidikan, negosiasi pun dipelajari di SMA kelas X berkaitan dengan materi teks negosiasi yang disesuaikan dengan silabus dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 (K13) di SMA. Pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana tindak tutur ilokusi negosiasi pedagang dan pembeli di pasar Rau? (2) Bagaimana tindak tutur perlokusi negosiasi pedagang dan pembeli di pasar Rau (3) Apakah hasil analisis tindak tutur ilokusi dan perlokusi negosiasi pedagang dan pembeli di pasar Rau dapat dijadikan referensi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dari tuturan negosiasi antara pedagang dan pembeli yang terjadi di pasar Rau Serang. Objek penelitian ini adalah tindak tutur. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan metode simak dan teknik lanjutan berupa tekik rekam dan catat. Hasil penelitian, ditemukan tindak tutur ilokusi sebanyak 53 buah data berupa tindak tutur ilokusi direktif sebanyak 22 data, tindak tutur ilokusi asertif sebanyak 18 buah data,tindak tutur ilokusi komisif sebanyak 7 buah data, dan tindak tutur ilokusi ekspresif sebanyak 6 buah data. Tindak tutur ilokusi yang mendominasi atau yang sering muncul adalah tindak tutur ilokusi direktif. Dalam percakapan negosiasi antara pedagang dan pembeli tidak ditemukan tindak tutur deklaratif karena tidak ditemukan bentuk tuturan yang menghubungkan isi tuturan dengan kenyataan. Ditemukan tindak tutur perlokusi yang muncul sebanyak 53 buah data yang merupakan efek dari ilokusi. Penelitian ini dapat dikaitkan dengan Rencana Pelaksaaan Pembelajaran, sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di SMA apabila disesuaikan dengan KD yang berkaitan dengan materi teks negosiasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 02:38
Last Modified: 08 Oct 2021 02:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item