Rukoyah, Siti (2023) Analisis Konten Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
Siti Rukoyah_2281160016_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Siti Rukoyah_2281160016_01.pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Siti Rukoyah_2281160016_02.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Siti Rukoyah_2281160016_03.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Siti Rukoyah_2281160016_04.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Siti Rukoyah_2281160016_05.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Siti Rukoyah_2281160016_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Siti Rukoyah_2281160016_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Permasalahan lingkungan disebabkan oleh faktor alam dan manusia, namun aktivitas manusia memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap lingkungan, salah satunya menyebabkan pencemaran. Upaya dimasukkannya pendidikan lingkungan hidup ke dalam pendidikan formal merupakan salah satu solusi mengatasi permasalahan lingkungan melalui buku teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis muatan konten pendidikan lingkungan hidup pada buku teks pelajaran IPA SMP, yang meliputi manusia dan lingkungan, memelihara kebersihan lingkungan, sumber daya alam, air, udara, tanah dan lahan, energi, hutan, bencana alam, pesisir dan laut, sungai dan danau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar dokumentasi dan lembar penilaian instrumen. Adapun Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teori Miles. Hasil penelitian menunjukkan sub-konten pendidikan lingkungan hidup secara keseluruhan belum tercakup dengan baik pada buku teks pelajaran IPA SMP. Sub-konten yang belum tercakup diantaranya lingkungan sosial dan peranannya, lingkungan fisik dan perubahannya, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku, pencegahan pengaruh globalisasi, pengertian sampah, jenis sampah, pemeliharaan saluran air, pengaruh kebisingan dan bau terhadap kesehatan, pengertian tanah longsor, jenis-jenis tanah longsor, degradasi lahan, fungsi hutan, ekosistem laut dan pesisir, pengelolaan pesisir, ekosistem sungai dan danau, manfaat sungai dan danau, sedimentasi dan pendangkalan. Masih dapat dikembangkan dengan mengintegrasikan sub-konten pendidikan lingkungan hidup dalam buku teks pelajaran IPA SMP. Kata kunci: Pendidikan lingkungan hidup, buku teks pelajaran IPA, SMP
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Permasalahan lingkungan disebabkan oleh faktor alam dan manusia, namun aktivitas manusia memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap lingkungan, salah satunya menyebabkan pencemaran. Upaya dimasukkannya pendidikan lingkungan hidup ke dalam pendidikan formal merupakan salah satu solusi mengatasi permasalahan lingkungan melalui buku teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis muatan konten pendidikan lingkungan hidup pada buku teks pelajaran IPA SMP, yang meliputi manusia dan lingkungan, memelihara kebersihan lingkungan, sumber daya alam, air, udara, tanah dan lahan, energi, hutan, bencana alam, pesisir dan laut, sungai dan danau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu lembar dokumentasi dan lembar penilaian instrumen. Adapun Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teori Miles. Hasil penelitian menunjukkan sub-konten pendidikan lingkungan hidup secara keseluruhan belum tercakup dengan baik pada buku teks pelajaran IPA SMP. Sub-konten yang belum tercakup diantaranya lingkungan sosial dan peranannya, lingkungan fisik dan perubahannya, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku, pencegahan pengaruh globalisasi, pengertian sampah, jenis sampah, pemeliharaan saluran air, pengaruh kebisingan dan bau terhadap kesehatan, pengertian tanah longsor, jenis-jenis tanah longsor, degradasi lahan, fungsi hutan, ekosistem laut dan pesisir, pengelolaan pesisir, ekosistem sungai dan danau, manfaat sungai dan danau, sedimentasi dan pendangkalan. Masih dapat dikembangkan dengan mengintegrasikan sub-konten pendidikan lingkungan hidup dalam buku teks pelajaran IPA SMP. Kata kunci: Pendidikan lingkungan hidup, buku teks pelajaran IPA, SMP | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Communication > Science Journalism |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
|||||||||
Depositing User: | Mrs. Siti Rukoyah | |||||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2023 09:30 | |||||||||
Last Modified: | 17 Apr 2023 09:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23278 |
Actions (login required)
View Item |