Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SELLER ATAS KONSUMEN YANG MENGAJUKAN KLAIM PENGEMBALIAN DANA PADA APLIKASI SHOPEE DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA

Nurtsania, Liza (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP SELLER ATAS KONSUMEN YANG MENGAJUKAN KLAIM PENGEMBALIAN DANA PADA APLIKASI SHOPEE DIHUBUNGKAN DENGAN BUKU III KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Liza Nurtsania_1111180162_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Liza Nurtsania_1111180162_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Liza Nurtsania_111118016_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
Liza Nurtsania_1111180162_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
Liza Nurtsania_1111180162_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
Liza Nurtsania_1111180162_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
Liza Nurtsania_1111180162_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
Liza Nurtsania_1111180162_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)

Abstract

Digital platforms with e-commerce systems have been put to good use by business actors in developing their business activities. Shopee as one of these digital platforms implements a Business to Consumer (B2C) and Consumer to Consumer (C2C) system in running its business. The legal position of seller and buyer in an e-commerce is balanced because both are application users. During the online transaction process it is not uncommon to cause losses to the parties involved, for example in cases where sellers have been harmed due to claims for refunds by consumers. The identification of the problem in this research is about how the legal protection for consumers who file a refund claim on the Shopee application is based on Book III of the Civil Code and how is Shopee's responsibility for the losses suffered by the seller for consumers who file a refund claim based on Book III Code of Civil law. This research was conducted using normative juridical research methods with descriptive analysis research specifications. The data sources used consist of secondary data and primary data. The data collection technique used is by means of library research and interviews. The data obtained is then analyzed qualitatively or in the form of a narrative in order to obtain answers to legal problems that occur. The results of this study consist of, firstly, the mechanism of legal protection against sellers for consumers who submit refund claims on the Shopee application based on Article 1267 Book III of the Civil Code. Second, Shopee's responsibility for the loss suffered by the seller to consumers who submit a refund claim based on Book III of the Civil Code is to refer to Article 1365, namely by providing a refund for the price of the goods traded to consumers, but it is also possible that Shopee has limitations in being responsibility.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAGUSTINA, RANI SRI197908032003122002
Thesis advisorGUNAWATI, ANNE197304202010122001
Additional Information: Platform digital dengan sistem e-commerce telah dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha dalam mengembangkan kegiatan bisnisnya. Shopee sebagai salah satu platform digital tersebut menerapkan sistem Business to Consumer (B2C) dan Consumer to Consumer (C2C) dalam menjalankan bisnisnya. Kedudukan hukum seller maupun buyer dalam suatu e-commerce ialah seimbang karena keduanya merupakan pengguna aplikasi. Selama proses transaksi online tidak jarang menimbulkan kerugian bagi para pihak yang terlibat seperti contoh kasus dimana penjual telah dirugikan akibat adanya klaim pengembalian dana oleh konsumen. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah mengenai bagaimana perlindungan hukum terhadap seller atas konsumen yang mengajukan klaim pengembalian dana pada aplikasi Shopee berdasarkan Buku III Kitab Undang-undang Hukum Perdata dan bagaimana tanggungjawab Shopee atas kerugian yang dialami pihak seller atas konsumen yang mengajukan klaim pengembalian dana berdasarkan Buku III Kitab Undang-undang Hukum Perdata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan ialah terdiri dari data sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan cara studi kepustakaan dan wawancara. Perolehan data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif atau berbentuk naratif guna memperoleh jawaban atas permasalahan hukum yang terjadi. Hasil penelitian ini terdiri dari, pertama mekanisme perlindungan hukum terhadap seller atas konsumen yang mengajukan klaim pengembalian dana pada aplikasi Shopee didasarkan pada Pasal 1267 Buku III KUHPerdata. Kedua, tanggungjawab Shopee atas kerugian yang dialami pihak seller atas konsumen yang mengajukan klaim pengembalian dana berdasarkan Buku III KUHPerdata ialah dengan merujuk pada Pasal 1365, yaitu dengan memberikan pengembalian dana sebesar harga barang yang diperjualbelikan kepada konsumen, namun tidak menutup kemungkinan juga Shopee memiliki batasan-batasan dalam bertanggungjawab.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Liza Nur tsania
Date Deposited: 16 May 2023 08:52
Last Modified: 16 May 2023 08:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23244

Actions (login required)

View Item View Item