Malia, Eva (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 8E LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA TOPIK MINYAK BUMI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
Eva Malia_2282180009_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text (BAB I)
Eva Malia_2282180009_01.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
|
Text (BAB II)
Eva Malia_2282180009_02.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
Text (BAB III)
Eva Malia_2282180009_03.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
Text (BAB IV)
Eva Malia_2282180009_04.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) |
|
Text (BAB V)
Eva Malia_2282180009_05.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Eva Malia_2282180009_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Eva Malia_2282180009_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh skill yang harus dimiliki tenaga pendidik dan peserta didik pada abad 21 ini, seperti kemampuan untuk memimpin, komunikasi, kewirausahaan, kerja tim dan pemecahan masalah. Pada pembelajaran kimia, materi bersifat abstrak sehingga peserta didik diharapkan mampu memiliki kemampuan untuk berfikir kritis dan menyelesaikan masalah, khususnya pada materi minyak bumi karena membutuhkan pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural. Namun pembelajaran kimia saat ini dianggap membosankan sehingga peneliti berfikir untuk menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik agar mampu mengeksplorasi, memperluas pemahaman dan menerapkan konsep-konsep ilmiah pada materi kimia, yakni model pembelajaran 8E Learning Cycle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses, perbedaan, dan peningkatan kemampuan penyelesaian masalah dengan penerapan model pembelajaran 8E Learning Cycle. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest posttest dengan menggunakan sampel 1 kelas 11 MIA MA Darul Ihsan yang berjumlah 35 peserta didik. Menggunakan instrumen perlakuan berupa RPP dan lembar kerja peserta didik, serta instrumen pengukuran berupa soal tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan software IBM SPSS Statistic 25 dengan uji prasyarat berupa uji normalitas Shapiro Wilk dan dilanjutkan dengan uji paired sample t test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan antara hasil pretest dengan posttest, sehingga model pembelajaran 8E Learning Cycle mampu meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah siswa pada topik minyak bumi. Kata kunci : Penyelesaian masalah, minyak bumi, model pembelajaran 8E Learning Cycle.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN 8E LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA TOPIK MINYAK BUMI | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Eva Malia | |||||||||
Date Deposited: | 10 May 2023 09:46 | |||||||||
Last Modified: | 10 May 2023 09:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23193 |
Actions (login required)
View Item |