Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA NILAI MORAL CERITA PENDEK PADA MAJALAH BOBO SEBAGAI ULPAYA PEMILIHAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA PADA SISWA KELAS V SDN KUBANG KUTU 1 KOTA CILEGON PROVINSI BANTEN

Sugiarti, Herna (2017) ANALISA NILAI MORAL CERITA PENDEK PADA MAJALAH BOBO SEBAGAI ULPAYA PEMILIHAN BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA PADA SISWA KELAS V SDN KUBANG KUTU 1 KOTA CILEGON PROVINSI BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
ANALISIS NILAI MORAL CERITA PENDEK PADA MAJALAH BOBO SEBAGAI UPAYA PEMILIHAN BAHAN AJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sajian sastra yang terdapat pada cerita pendek majalah Bobo dianggap menarik minat siswa untuk lebih menyukai pelajaran bahasa Indonesia, khususnya sastra serta mengandung nilai moral yang bermanfaat bagi siswa untuk diterapkan dalam kehidupan kesehariannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat memilih cerpen yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar sastra yang sesuai pada anak usia Sekolah Dasar kelas tinggi dalam perkembangan pemahaman sastra anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analitik. Sumber data terdiri data primer yang diperoleh melalui kegiatan wawancara dengan informan penelitian, sedangkan data sekunder diperoleh dokumentasi cerita pendek majalah Bobo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan studi lapangan dengan wawancara. Informan penelitian terdiri dari Guru Bahasa Indonesia SDN I Kubangkutu selaku pengajar, Dosen Penelaah selaku Pakar Ahli dan Kepala Sekolah SDN I Kubangkutu selaku pengambil kebijakan. Data Penelitian adalah cerita pendek majalah bobo sebanyak 4 edisi yang terbit pada bulan Maret dan Bulan Juli tahun 2016. Analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber. Keabsahan data dilakukan dengan memberchek. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui cerita pendek dengan judul “Pelajaran Buat Bimo”, cerpen “Puspus dan Kumis” dan cerpen “Teman Terbaik” pada Majalah Bobo dapat direkomendasikan menjadi Bahan Ajar Sastra Siswa Kelas V SD Negeri Kubangkutu I Kota Cilegon Provinsi Banten. Adapun cerpen “Gambar Mimpi Ibu” tidak direkomendasikan menjadi Bahan Ajar Sastra Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHusnul Mawadah, AdeUNSPECIFIED
Thesis advisorTisnasari, SundawatiUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sajian sastra yang terdapat pada cerita pendek majalah Bobo dianggap menarik minat siswa untuk lebih menyukai pelajaran bahasa Indonesia, khususnya sastra serta mengandung nilai moral yang bermanfaat bagi siswa untuk diterapkan dalam kehidupan kesehariannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat memilih cerpen yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar sastra yang sesuai pada anak usia Sekolah Dasar kelas tinggi dalam perkembangan pemahaman sastra anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analitik. Sumber data terdiri data primer yang diperoleh melalui kegiatan wawancara dengan informan penelitian, sedangkan data sekunder diperoleh dokumentasi cerita pendek majalah Bobo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan studi lapangan dengan wawancara. Informan penelitian terdiri dari Guru Bahasa Indonesia SDN I Kubangkutu selaku pengajar, Dosen Penelaah selaku Pakar Ahli dan Kepala Sekolah SDN I Kubangkutu selaku pengambil kebijakan. Data Penelitian adalah cerita pendek majalah bobo sebanyak 4 edisi yang terbit pada bulan Maret dan Bulan Juli tahun 2016. Analisis data menggunakan teknik triangulasi sumber. Keabsahan data dilakukan dengan memberchek. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui cerita pendek dengan judul “Pelajaran Buat Bimo”, cerpen “Puspus dan Kumis” dan cerpen “Teman Terbaik” pada Majalah Bobo dapat direkomendasikan menjadi Bahan Ajar Sastra Siswa Kelas V SD Negeri Kubangkutu I Kota Cilegon Provinsi Banten. Adapun cerpen “Gambar Mimpi Ibu” tidak direkomendasikan menjadi Bahan Ajar Sastra Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Oct 2021 02:20
Last Modified: 08 Oct 2021 02:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2316

Actions (login required)

View Item View Item