Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PRODUK GULA AREN DESA HARIANG KECAMATAN SOBANG KABUPATEN LEBAK BANTEN

Supriadi, Didi and Saleh, Khaerul and Sariyoga, Setiawan (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PRODUK GULA AREN DESA HARIANG KECAMATAN SOBANG KABUPATEN LEBAK BANTEN. JPPM : Jurnal Penyuluhan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (1). pp. 18-29. ISSN 2827-9557

[img] Text
14. STRATEGI PEMASARAN DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS.pdf

Download (681kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap pendapatan UKM (Usaha Kecil Menengah) gula aren Mitra Mandala di Desa Hariang Kecamatan Sobang Kabupaten Lebak Banten dan merancang strategi pemasaran UKM Mitra Mandala di menghadapi pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Jenis dan sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengambilan sampel sebanyak 6 responden menggunakan teknik wawancara dengan kriteria penelitian. Metode penelitian ini menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, dan Matriks Swot. Hasil analisis menunjukkan bahwa matriks IFE pada UKM Mitra Mandala memiliki skor total 3,151. Sedangkan matriks EFE diperoleh skor total 2,681. Hasil matriks I-E menunjukkan bahwa posisi UKM Mitra Mandala berada pada sel IV yaitu dalam kondisi tumbuh dan berkembang. Hasil analisis matrik SWOT diperoleh sembilan strategi, yaitu: 1) Memberikan diskon/diskon harga 2) Membuat website untuk menjual gula aren di pasar internasional, 3) Mengembangkan sistem penjualan online untuk mengembangkan pasar, 4) Mengembangkan gula teknologi produksi sawit dan pengelolaan Aren, 5) Melakukan pelatihan bagi karyawan UMKM Mitra Mandala, 6) Mencari pembeli produk Aren di luar Indonesia, 7) Mengidentifikasi produk Aren yang masuk ke Mitra Mandala, 8) Menjalin hubungan kemitraan dengan petani Aren , dan 9) mengembangkan sistem gudang penyimpanan produk gula aren. Kata kunci: Covid-19, UKM Mitra Mandala, Strategi Pengembangan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Covid-19, UKM Mitra Mandala, Strategi Pengembangan Covid-19, SME Mitra Mandala, Development Strategy
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce

H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Apr 2023 14:26
Last Modified: 04 Apr 2023 14:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23124

Actions (login required)

View Item View Item