Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI HUMAS PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA DALAM KAMPANYE PROGRAM GERAKAN VAKSINASI COVID-19

FA'IQ, HANSEL (2023) STRATEGI HUMAS PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA DALAM KAMPANYE PROGRAM GERAKAN VAKSINASI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Hansel Fa'iq_6662170039_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Hansel Fa'iq_6662170039_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Hansel Fa'iq_6662170039_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Hansel Fa'iq_6662170039_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Hansel Fa'iq_6662170039_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Hansel Fa'iq_6662170039_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Hansel Fa'iq_6662170039_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Hansel Fa'iq_6662170039_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Hansel Fa'iq_6662170039_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Bagaimana strategi humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam membentuk opini publik pada program kampanye vaksinasi covid-19, Bagaimana strategi humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengidentifikasi publik dalam mengkampanyekan gerakan vaksinasi covid-19, Bagaimana penyusunan pesan komunikasi strategi humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam program kampanye vaksinasi covid-19, Bagaimana penerapan metode penggunaan media saluran komunikasi humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam kampanye program gerakan vaksinasi covid-19. Strategi publik relation yang digunakan melalui pola dasar “The 3-C’s option” (Conservation, Change, dan Crystallization) dari stakeholder yang disegmentasikan menjadi publik sasaran.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif sebagai sarana untuk mencoba memaknai suatu kejadian atau peristiwa dengan cara berinteraksi dengan orang-orang sekitar dalam situasi atau fenomena tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selalu melihat perkembangan berita dan data-data lapangan terkait dengan persepsi masyarakat tentang vaksinasi covid-19 ini, sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat untuk mengkampanyekan gerakan vaksinasi covid-19. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pembentukan opini publik yang mengacu pada penjelasan publik yang aktif pro, aktif kontra, dan pasif serta pengidentifikasian publik, penyusunan pesan komunikasi, Penerapan metode dan saluran komunikasi dan media komunikasi. Bentuk strategi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam upaya kampanye vaksinasi covid-19 melalui metode dan strategi kehumasan yang dilakukan antara lain (1) Pendekatan kepada masyarakat kemudian meramu pesan yang akan yang disampaikan untuk mempengaruhi pemikiran masyarakat. (2) Memaksimalkan peran humas pemerintah daerah untuk terus menginformasikan dan memberikan penjelasan kepada masyarakat serta pemanfaatan media sebagai wadah untuk mengedukasi publik. (3) Terus memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan vaksin covid-19.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSETYORINI, DEVIANI0015087804
Thesis advisorNESIA, ANDIN00060682009
Additional Information: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Bagaimana strategi humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam membentuk opini publik pada program kampanye vaksinasi covid-19, Bagaimana strategi humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengidentifikasi publik dalam mengkampanyekan gerakan vaksinasi covid-19, Bagaimana penyusunan pesan komunikasi strategi humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam program kampanye vaksinasi covid-19, Bagaimana penerapan metode penggunaan media saluran komunikasi humas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam kampanye program gerakan vaksinasi covid-19. Strategi publik relation yang digunakan melalui pola dasar “The 3-C’s option” (Conservation, Change, dan Crystallization) dari stakeholder yang disegmentasikan menjadi publik sasaran.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif sebagai sarana untuk mencoba memaknai suatu kejadian atau peristiwa dengan cara berinteraksi dengan orang-orang sekitar dalam situasi atau fenomena tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selalu melihat perkembangan berita dan data-data lapangan terkait dengan persepsi masyarakat tentang vaksinasi covid-19 ini, sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat untuk mengkampanyekan gerakan vaksinasi covid-19. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pembentukan opini publik yang mengacu pada penjelasan publik yang aktif pro, aktif kontra, dan pasif serta pengidentifikasian publik, penyusunan pesan komunikasi, Penerapan metode dan saluran komunikasi dan media komunikasi. Bentuk strategi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam upaya kampanye vaksinasi covid-19 melalui metode dan strategi kehumasan yang dilakukan antara lain (1) Pendekatan kepada masyarakat kemudian meramu pesan yang akan yang disampaikan untuk mempengaruhi pemikiran masyarakat. (2) Memaksimalkan peran humas pemerintah daerah untuk terus menginformasikan dan memberikan penjelasan kepada masyarakat serta pemanfaatan media sebagai wadah untuk mengedukasi publik. (3) Terus memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan vaksin covid-19.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Hansel Faiq
Date Deposited: 11 Apr 2023 10:24
Last Modified: 11 Apr 2023 10:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23056

Actions (login required)

View Item View Item