Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGETAHUAN GURU SMK TEKNIK MESIN DI KOTA SERANG MENGENAI PENDEKATAN TPACK DALAM PEMBELAJARAN

Ariansyah Sahputra, Muhammad (2022) PENGETAHUAN GURU SMK TEKNIK MESIN DI KOTA SERANG MENGENAI PENDEKATAN TPACK DALAM PEMBELAJARAN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Muhammad Ariansyahah Saputra_2284150006_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Ariansyahah Saputra_2284150006_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text
Muhammad Ariansyahah Saputra_2284150006_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
Muhammad Ariansyahah Saputra_2284150006_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
Muhammad Ariansyahah Saputra_2284150006_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
Muhammad Ariansyahah Saputra_2284150006_Referensi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
Muhammad Ariansyahah Saputra_2284150006_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[img] Text
Muhammad Ariansyahah Saputra_2284150006_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Sekolah dan guru di Indonesia masih menghadapi berbagai masalah antara lain masalah standar guru, pengetahuan media dan dokumenter, serta rendahnya literasi teknologi informasi dan komunikasi. Kota Serang sebagai ibu kota provinsi merupakan salah satu daerah dengan jumlah SMK yang cukup banyak dibandingkan kota dan kabupaten lainnya perlu memperhatikan kualitas pendidikannya. Salah satu kompetensi yang harus dimilik guru di Kota Serang adalah TPACK. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui tingkat pengetahuan guru SMK Teknik Mesin di Kota Serang terhadap TPACK dan bagaimana penerapan TPACK dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Teknik Mesin Kota Serang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan deskriptif persentase. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 26 guru dari 31 guru yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan syarat merupakan guru yang benar-benar memiliki latar belakang pendidikan bidang teknik mesin, mengajar pelajaran kejuruan dan telah terdaftar di dapodik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen dan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan TPACK guru SMK jurusan Teknik Mesin di Kota Serang berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya telah masuk dalam kategori baik dimana nilai terkecil adalah aspek technological content knowledge yang hanya sebesar 83,6% namun masuk dalam kategori baik dan yang tertinggi adalah aspek Technological Pedagogical Content Knowledge sebesar 87,9% dalam kategori baik. Adapun rata-rata secara menyeluruh penerapan TPACK adalah sebesar 85% sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan guru terhadap TPACK dikategorikan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorikhsanudin, ikhsanudin199411122020121009
Thesis advisorAbdillah, Hamid198912152020121008
Additional Information: Sekolah dan guru di Indonesia masih menghadapi berbagai masalah antara lain masalah standar guru, pengetahuan media dan dokumenter, serta rendahnya literasi teknologi informasi dan komunikasi. Kota Serang sebagai ibu kota provinsi merupakan salah satu daerah dengan jumlah SMK yang cukup banyak dibandingkan kota dan kabupaten lainnya perlu memperhatikan kualitas pendidikannya. Salah satu kompetensi yang harus dimilik guru di Kota Serang adalah TPACK. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui tingkat pengetahuan guru SMK Teknik Mesin di Kota Serang terhadap TPACK dan bagaimana penerapan TPACK dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Teknik Mesin Kota Serang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian survei dengan pendekatan deskriptif persentase. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 26 guru dari 31 guru yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan syarat merupakan guru yang benar-benar memiliki latar belakang pendidikan bidang teknik mesin, mengajar pelajaran kejuruan dan telah terdaftar di dapodik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen dan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan TPACK guru SMK jurusan Teknik Mesin di Kota Serang berdasarkan pembahasan pada bab sebelumnya telah masuk dalam kategori baik dimana nilai terkecil adalah aspek technological content knowledge yang hanya sebesar 83,6% namun masuk dalam kategori baik dan yang tertinggi adalah aspek Technological Pedagogical Content Knowledge sebesar 87,9% dalam kategori baik. Adapun rata-rata secara menyeluruh penerapan TPACK adalah sebesar 85% sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengetahuan guru terhadap TPACK dikategorikan baik.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : TPACK, SMK, Teknik Mesin, Kota Serang.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83203-Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
Depositing User: mrs Muhammad Ariansyah Sahputra
Date Deposited: 29 Mar 2023 15:27
Last Modified: 29 Mar 2023 15:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/23013

Actions (login required)

View Item View Item