Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN LABEL BRAILLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN DI SKH NEGERI 01 KOTA SERANG

Ramadhan, Ikhsanegi (2022) PENGGUNAAN LABEL BRAILLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN DI SKH NEGERI 01 KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IKHSANEGI RAMADHAN_2287150036_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
IKHSANEGI RAMADHAN_2287150036_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
IKHSANEGI RAMADHAN_2287150036_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
IKHSANEGI RAMADHAN_2287150036_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
IKHSANEGI RAMADHAN_2287150036_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
IKHSANEGI RAMADHAN_2287150036_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
IKHSANEGI RAMADHAN_2287150036_PENGGUNAAN LABEL BRAILLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI PADA ANAK DENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN DI SKH NEGERI 01 KOTA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
IKHSANEGI RAMADHAN_2287150036_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

This research in background some skill typing that experienced by children with obstacles sight. Research is done in order to get a description that objectively about the use of braille label to improve skills typing 10 toes on children with obstacles of vision in SKh 01 Serang City. The subject of this research is the son with obstacles of vision in SKh 01 Serang City. To reach a goal on , but this study in a single subject research ( ssr ) by design a-b-a and judgment research is percentage. The result of this research suggests that an increase in skills typing having given through intervention label braille, evidenced by the baseline ( a1 ) done four times with the percentage of 10 %, observation second intervention ( b ) using label braille the observation is made as much as eight times with the percentage of 80 % and baseline ( a2 ) done four times observations with 70% the percentage. Keywords: Skill typing ; Label Braille ; Children with obstacles sight

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUTAMI, YUNI TANJUNG198706282019032008
Thesis advisorSIDIK, SISTRIADINI ALAMSYAH198705142015042002
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hambatan keterampilan mengetik yang dialami anak dengan hambatan penglihatan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran yang obyektif tentang penggunaan Label Braille untuk meningkatkan keterampilan mengetik 10 jari pada anak dengan hambatan penglihatan di SKh Negeri 01 Kota Serang. Subjek penelitian ini adalah anak dengan hambatan penglihatan di SKh Negeri 01 Kota Serang. Untuk mencapai tujuan di atas, maka penelitian ini menggunakan metode Single Subjek Research (SSR) dengan desain A-B-A dan penilaian penelitian ini yaitu presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan keterampilan mengetik setelah diberikan intervensi melalui Label Braille, dibuktikan dengan hasil baseline (A1) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan dengan presentase 10%, Kedua intervensi (B) dengan menggunakan Label Braille pengamatan dilakukan sebanyak delapan kali dengan presentase 80% dan baseline (A2) yang dilakukan sebanyak empat kali pengamatan dengan presentase 70%. Kata kunci : Keterampilan Mengetik; Label Braille ; Anak Dengan Hambatan Penglihatan
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Keterampilan Mengetik; Label Braille ; Anak Dengan Hambatan Penglihatan Keywords: Skill typing ; Label Braille ; Children with obstacles sight
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: IKHSANEGI IR RAMADHAN
Date Deposited: 21 Mar 2023 11:21
Last Modified: 21 Mar 2023 11:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/22828

Actions (login required)

View Item View Item