Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROSES PENDAMPINGAN BELAJAR PESERTA DIDIK BERBASIS ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)

SULKIMAH, NUR AMINAH (2022) PROSES PENDAMPINGAN BELAJAR PESERTA DIDIK BERBASIS ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM). S1 thesis, untirta.

[img] Text
NUR AMINAH SULKIMAH_2227180019_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
NUR AMINAH SULKIMAH_2227180019_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
NUR AMINAH SULKIMAH_2227180019_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
NUR AMINAH SULKIMAH_2227180019_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
NUR AMINAH SULKIMAH_2227180019_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
NUR AMINAH SULKIMAH_2227180019_06.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
NUR AMINAH SULKIMAH_2227180019_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
NUR AMINAH SULKIMAH_2227180019_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text
NUR AMINAH SULKIMAH_22227180019-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This study aims to determine teacher performance, supporting factors and inhibiting factors and the output of students' readiness in facing AKM. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The data collection process was carried out using interview, observation, and documentation techniques. The results of this study indicate that the teacher's performance in providing assistance and guidance to students is carried out with careful preparation, with modules and teaching materials prepared beforehand, the use of methods that adapt reading literacy and numeracy materials, learning media that support the activities of companion-based learning technology, as well as a routine study assistance schedule. The supporting factors at SDIT Elfatih use infrastructure such as computers and labs. Teacher awareness in helping the success of AKM that is ready to respond. Meanwhile, the inhibiting factor for AKM is the uneven ability of teachers to convey material, especially in the fields of reading literacy and numeracy literacy, bearing in mind that reading literacy and numeracy skills should be given to students from an early age, not just emphasized in class V. Apart from that, the school principal should give more appreciation to the teacher. The readiness of students in participating in AKM, seen from the students' having numeracy literacy skills in using symbols and numbers. Students also have reading literacy skills by being able to determine the main idea. As well as in the aspect of mastery of the use of computer technology. Keywords: Mentoring process, Minimum Competency Assesment (AKM), students Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru, faktor penunjang dan faktor penghambat dan output kesiapan peserta didik dalam menghadapi AKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja guru dalam memberikan pendampingan dan bimbingan pada peserta didik dilakukan dengan persiapan yang matang, dengan adanya modul serta bahan ajar yang diperiapkan sebelumnya, penggunaan metode yang menyesuaikan materi literasi membaca dan numerasi, media pembelajaran yang menunjang kegiatan pendamping belajar berbasis teknologi, serta adanya jadwal pendampingan belajar yang rutin. Adapun faktor pendukung di SDIT Elfatih menggunakan sarana prasana seperti komputer dan Lab. Kesadaran guru dalam membantu menyukseskan AKM yang siap tanggap. Adapun, faktor penghambat AKM tidak meratanya kemampuan guru dalam menyampaikan materi khususnya dalam bidang literasi membaca dan literasi numerasi mengingat bahwa keterampilan literasi membaca dan numerasi seharusnya mulai diberikan pada peserta didik sejak dini, bukan hanya di tekankan pada kelas V saja. Selain dari pada itu, kepala sekolah seharusnya memberikan apresiasi olebih kepada guru Kesiapan peserta didik dalam mengikuti AKM, dilihat dari peserta didik memiliki kecakapan literasi numerasi dalam menggunakan symbol- symbol dan angka. Peserta didik juga memiliki kecakapan literasi membaca dengan dapat menentukan ide pokok. Serta dalam aspek penguasaan penggunaan teknologi komputer. Kata Kunci: Proses pendampingan, Assasmen Kompetensi Minimum (AKM), peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyachruroji, A197908162005011006
Thesis advisorHendracipta, Nana197901092005011002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru, faktor penunjang dan faktor penghambat dan output kesiapan peserta didik dalam menghadapi AKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja guru dalam memberikan pendampingan dan bimbingan pada peserta didik dilakukan dengan persiapan yang matang, dengan adanya modul serta bahan ajar yang diperiapkan sebelumnya, penggunaan metode yang menyesuaikan materi literasi membaca dan numerasi, media pembelajaran yang menunjang kegiatan pendamping belajar berbasis teknologi, serta adanya jadwal pendampingan belajar yang rutin. Adapun faktor pendukung di SDIT Elfatih menggunakan sarana prasana seperti komputer dan Lab. Kesadaran guru dalam membantu menyukseskan AKM yang siap tanggap. Adapun, faktor penghambat AKM tidak meratanya kemampuan guru dalam menyampaikan materi khususnya dalam bidang literasi membaca dan literasi numerasi mengingat bahwa keterampilan literasi membaca dan numerasi seharusnya mulai diberikan pada peserta didik sejak dini, bukan hanya di tekankan pada kelas V saja. Selain dari pada itu, kepala sekolah seharusnya memberikan apresiasi olebih kepada guru Kesiapan peserta didik dalam mengikuti AKM, dilihat dari peserta didik memiliki kecakapan literasi numerasi dalam menggunakan symbol- symbol dan angka. Peserta didik juga memiliki kecakapan literasi membaca dengan dapat menentukan ide pokok. Serta dalam aspek penguasaan penggunaan teknologi komputer. Kata Kunci: Proses pendampingan, Assasmen Kompetensi Minimum (AKM), peserta didik
Uncontrolled Keywords: Keywords: Mentoring process, Minimum Competency Assesment (AKM), students Kata Kunci: Proses pendampingan, Assasmen Kompetensi Minimum (AKM), peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NUR AMINAH SULKIMAH
Date Deposited: 20 Mar 2023 14:28
Last Modified: 20 Mar 2023 14:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/22752

Actions (login required)

View Item View Item