Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTU MEDIA REALIA PADA SUBKONSEP KELOMPOK TUMBUHAN DI SMPN 1 KRAGILAN

ANISTIYANI, YULI (2015) PROFIL HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTU MEDIA REALIA PADA SUBKONSEP KELOMPOK TUMBUHAN DI SMPN 1 KRAGILAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
2. PROFIL HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC LEARNING BERBANTU MEDIA REALIA PA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRACT The purpose of this research was to determine the result of study using scientific learning approach with realia media in plant grup subconcept at seventh grade of SMPN 1 Kragilan. This research was descriptive research with variable of students‟ learning result using scientific learning approach with media realia. The population in this research were all of seventh grade students of SMPN 1 Kragilan academic year 2014/2015. The sample of this research consisted of one class, VII A class which selected by simple random sampling technique. The technique used for data retrieval were test and non-test technique. Test technique conducted by using multiple choice test to measure students‟ cognitive skill and non-test technique conducted by using attitude questionnaire to measure students‟ affective skill, and observation sheet to measure students‟ psychomotor skill. The result of research showed the value of students‟ cognitive skill was 0.65 with medium category, the value of students‟ affective skill was 86.76 with very strong category and the value of students‟ psychomotor skill was 81.91 with good category. Keyword: Scientific learning approach, Realia media, Learning result, Plant

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOktorida Khastini, Rida198110282008012017
Thesis advisorRomlah Noer Hodijah, Siti197906202006042016
Additional Information: ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan pendekatan scientific learning berbantu media realia pada subkonsep kelompok tumbuhan kelas VII di SMP Negeri 1 Kragilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan variabel hasil belajar siswa menggunakan pendekatan scientific learning berbantu media realia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kragilan tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas, yaitu kelas VII A yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data ada dua jenis, yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif siswa dan teknik non tes dilakukan dengan menggunakan angket sikap untuk mengukur kemampuan afektif siswa, serta lembar observasi untuk mengukur kemampuan psikomotor siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan kognitif siswa sebesar 0.65 dengan kategori sedang, nilai kemampuan afektif siswa sebesar 86.76 dengan kategori sangat kuat dan nilai kemampuan psikomotor siswa sebesar 81.91 dengan kategori baik. Kata kunci: Pendekatan scientific learning, Media realia, Hasil belajar, Kelompok tumbuhan
Uncontrolled Keywords: cientific learning approach, Realia media, Learning result, Plant Pendekatan scientific learning, Media realia, Hasil belajar, Kelompok tumbuhan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:54
Last Modified: 25 Oct 2021 05:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item View Item