WIDYASTUTI, ANI (2015) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA CILEGON TAHUN PELAJARAN 2014-2015. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
2. PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL MENULIS TEKS SISWA .PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KOTA CILEGON TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh Ani Widyastuti 2222111846 ABSTRAK Kata kunci: menulis, prosedur, media dan audio visual Latar belakang dari penelitian ini, didasarkan pada kenyataan bahwa kegiatan menulis dipandang sebagai kegiatan yang rumit dan sulit bagi siswa. Siswa masih belum mampu menuangkan ide-ide dan gagasan ke dalam bentuk tulisan. Pembelajaran menulis teks prosedur di SMP ternyata kurang mendapat perhatian dari guru bahasa dan sastra Indonesia karena penggunaan media pembelajaran masih terbatas. Penggunaan media audio visual dan media visual diharapkan dapat membantu siswa dalam menulis teks prosedur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil menulis teks prosedur antara kelas eksperimen menggunakan media audio visual (video) dan kelas kontrol menggunakan visual (gambar). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan desain yang digunakan yaitu pre-test-pos-test control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Kota Cilegon, yaitu kelas VIII I sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual (video) dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang menggunakan media visual (gambar), dengan menggunakan subjek masing-masing 20 siswa. Perbandingan antara media audio visual dan media visual bila dibandingkan pasti memiliki perbedaan, yaitu media audio visual dapat melihat gambar serta suara sedangkan media visual hanya dapat melihat gambar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata di kelas eksperimen sebesar 84,65, sedangkan di kelas kontrol sebesar 79,75. Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan media audio visual lebih efektif dibanding dengan menggunakan media visual. Dengan demikian, penggunaan media audio visual layak dijadikan sebagai upaya meningkatkan hasil menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Cilegon Tahun Pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:54 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:54 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2268 |
Actions (login required)
View Item |