CHRIS YULIARHIR, ENGGI (2017) ANALISIS HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI PANCAMARGA KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
ANALISIS HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI PANCAMARGA KOTA SERANG.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Sains is a subject that emphasizes the provision of hands-on experience to develop competence to explore and understand the natural world scientifically. This study aims to analyze differences in sains learning outcomes through inquiry learning methods in students Class III at SD Negeri Pancamarga Serang City. This research used descriptive qualitative method which was done on 30rd students Class III at SD Negeri Pancamarga Serang City. The study was conducted by analyzing the students' learning outcomes in pre test and post test. Results of the study showed that there has been a significant increase 24.24% in the learning outcomes from average 48.2 in the pre test to average 72.44 on the post test results. Differences in learning outcomes in the pre test and post test have shown that the method of inquiry is able to give a good influence on sains learning outcomes of students Class III at SD Negeri Pancamarga.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | IPA merupakan mata pelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan hasil belajar IPA melalui metode pembelajaran inkuiri pada siswa Kelas III di SD Negeri Pancamarga Kota Serang. Penelitian ini mengggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan pada 30 orang siswa kelas III SD Negeri Pancamarga Kota Serang. Penelitian dilakukan dengan menganalisis hasil belajar IPA siswa pada pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisa hasil belajar IPA sebesar 24,24% dari rata-rata hasil belajar sebesar 48,2 pada pre test menjadi rata-rata 72,44 pada post test. Perbedaan rata-rata nilai hasil belajar pada pre test dan post test tersebut telah menunjukkan bahwa metode inkuiri mampu memberikan perubahan lebih baik pada hasil belajar IPA siswa kelas III di SD Negeri Pancamarga. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2021 07:46 | |||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2021 07:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2267 |
Actions (login required)
View Item |