PRATIWI SUSILOWATI, DEDE (2015) PERBANDINGAN GAYA PENCERITAAN NOVEL KALATIDHA KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN NOVEL SEKUNTUM NOZOMI (BUKU KELIMA) KARYA MARGA T DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS XII SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
2. PERBANDINGAN GAYA PENCERITAAN NOVEL KALATIDHA KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN NOVEL SEKUNTUM NOZOMI (BUKU KELIMA) KARYA~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
ABSTRAK PERBANDINGAN GAYA PENCERITAAN NOVEL KALATIDHA KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA DAN NOVEL SEKUNTUM NOZOMI (BUKU KELIMA) KARYA MARGA T DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS XII SMA. Oleh Dede Pratiwi Susilowati NIM 2222101678 Latar belakang dari penelitian ini adalah melanjutkan kajian penelitian skripsi Rini Rustiani yang berjudul Perbandingan Sudut Pandang dan Teknik Penceritaan Alur Pada Novel Karmila karangan Marga T. dan Novel Gemas dalam Cinta Karangan Motinggo Busye Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA dalam penelitian Rini Rustiani meneliti sebanyak 2 teknik penceritaan (teknik pemandangan dan teknik adegan) dari 5 teknik penceritaan (teknik pemandangan, teknik adegan, teknik montase, teknik kolase, teknik asosiasi) menurut teori Wahyudi Siswanto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik analisis isi. Fokus penelitian ini adalah perbandingan gaya penceritaan penulis novel melalui teknik penceritaan. Teori yang digunakan sebagai acuan adalah teknik penceritaan yang terdiri dari teknik pemandangan, teknik adegan, teknik montase, teknik kolase, dan teknik asosiasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu novel Kalatidha karya Seno Gumira Ajidarma dan novel Sekuntum Nozomi (Buku Kelima) karya Marga T. Hasil penelitian teknik penceritaan (teknik pemandangan, teknik adegan, teknik montase, teknik kolase, teknik asosiasi) dalam novel Kalatidha dan Sekuntum Nozomi (Buku Kelima) dapat dimanfaatkan untuk menyusun RPP pada pembelajaran sastra di sekolah menengah atas. Dengan membandingkan gaya penceritaan diharapkan siswa menjadi tertarik membaca novel. Kata kunci: Sastra Bandingan, Gaya Penceritaan, dan Teknik Penceritaan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sastra Bandingan, Gaya Penceritaan, dan Teknik Penceritaan. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 05:54 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 05:54 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/2265 |
Actions (login required)
View Item |